cara menanam jagung manis

Cara Menanam Jagung Manis, Budget Minimal, Hasil Panen Maksimal

Cara untuk Menanam Jagung Manis | Siapa yang tidak suka dengan tumbuhan yang satu ini ? pastinya Anda sangat menyukainya bukan ? maka dari itu simak artikel kali ini dengan disajikan beberapa hal yaitu “pengenalan tanaman jagung manis, pemilihan bibit yang baik, serta tahap penanaman yang baik pada jagung manis.

Mengenal Tanaman Jagung Manis

jagung manis
jagung manis

Jagung manis merupakan salah satu jenis tanaman jagung yang mempunyai ciri utama yaitu rasa yang manis atau mempunyai kandungan gula yang berbeda dengan jagung-jagung lainnya. Jagung manis ini berbeda dengan jagung biasanya yang di jual belikan untyk pakan ternak dan konsumsi manusia, namun untuk jagung jenis ini hanya untuk konsumsi manusia saja.

Jagung manis ini merupakan jenis sayuran yang di tanam di Ladang. Jagung manis ini diolah dengan di rebus, di bakar, dan juga dijadikan bubur atau makanan jagung manis model kekinian yang di campur dengan keju parut.

Masih banyak lagi terkait dengan tanaman jagung ini, dengan demikian langsung saja membahas mengenai cara untuk memilih bibit jagung manis yang baik untuk di tanam sehingga menghasilkan buah jagung yang berkualitas.

Cara Memilih Bibit Jagung Manis dengan Baik

Bagaimana cara memilih bibit jagung manis dengan baik ? apakah sama dengan memilih jagung biasa ? untuk itu langsung saja perhatikan hal berikut ini :

Memilih Bibit Jagung Manis
Memilih Bibit Jagung Manis

Jadi untuk memilih jagung manis yang baik yaitu dengan memperhatikan ciri-ciri terlebih dahulu. Bagaimana ciri-ciri jagung manis tersebut ? jadi setiap jenis jagung itu mempunyai ciri-ciri biji yang berbeda-beda antara jagung jenis ini dengan yang lainnya, maka dari itu kenali terlebih dahulu ciri-ciri jagung yang ingin Anda tanam.

Untuk jagung manis ini mempunyai ciri-ciri biji yang berwarna kuning keemasan dan juga sangat terang dan tentunya mempunyai rasa yang sangat manis. Tentunya pilihlah biji yang berkualitas bagus mencolok dan padat atau tidak ada lubang karena takutnya tidak akan tumbuh dengan baik.

Setelah itu, langsung beralih ke Cara untuk Menanam jagung manis dengan baik dan benar sesuai dengan harapan Anda yaitu sebagai berikut.

Langkah-langkah Cara Menanam Tanaman Jagung Manis

Tahapan ini merupakan tahapan yang paling dinanti-nanti dan terpenting setelah mengetahui terkait dengan pengenalan tanaman jagung manis dan juga cara untuk memilih bibit jagung mains yang baik.

Untuk itulah, tahapan ini yang paling di harapkan dengan baik sehingga nantinya akan menghasilkan produk buah jagung manis yang berkualitas. Berikut paparan terkait cara menanam tanaman jagung manis dengan baik :

1. Memilih Benih atau Biji Jagung Manis yang Baik

Bagaimana cara memilih bibit jagung manis yang baik ? seperti penjelasan di atas telah dipaparkan cara untuk meilih bibit jagung manis yang bik maka akan dijelaskan lebih detail lagi yaitu :

 Biji Jagung Manis
Biji Jagung Manis
  • Lihatlah ciri-ciri benih dari jagung manis terlebih dahulu. Ciricirinya mempunayi warna lebih kuning keemasan dan juga sangat terang di banding dengan biji jagung jenis lainnya.
  • Pilihlah benih yang sangat bermutu tinggi dengan daya sekitar 90% (sembilan puluh persen).
  • Pastikan benih tersebut mempunyai kebutuhan dengan bandingan daya tersebut sekitar 20 – 30 Kg/Ha.
  • Hal yang paling penting yaitu, sebelum menanam benih jagung manis tersebut, pastikan terlebih dahulu benih-benih tersebut direndam ke dalam POC NASA dalam waktu semalaman.

2. Mediasi / Pengolahan Lahan Tanam

Hal ini sangatlah penting untuk membuat hasil dari jagung manis nantinya tumbuh dengan baik. Karena hal yang paling penting yaitu dengan pengolahan tanah. Untuk syarat menanam jagung ini lahan yang digunakan harus bersih dari rumput-rumput dengan cara mencangkul tanah yang bagian dalam dikeluarkan menjadikan bagian luar dan sebaliknya kemudian di ratakan dengan baik.

Pengolahan Lahan Tanam
Pengolahan Lahan Tanam

Dan jika masih ada tanaman yang dahulu sudah mati juga bisa langsung di bakar sehingga abunya nanti dapat dijadikan sebagai pupuk. Kemudian, dalam proses penanaman, lubangi terlebih dahulu tanah tersebut kurang lebih 4 -5 cm (empat sampai lima centi meter) untuk tempat jagung manis yang akan di tanami tersebut. Tidak lupa juga kasih jarak antara lubang satu dengan yang satunya lagi sekitar 20 – 30 cm (dua puluh hingga tiga puluh centi meter).

Setelah itu barulah biji atau benih jagung manis dapat dimasukkan ke dalam tanah tersebut. Kemudian tutup biji jagung manis yang sudah di masukkan ke dalam tanah tersebut dengan pupuk dari abu sisa pembakaran, kotoran hewan “kambing dan sapi” atau juga bisa yang lainnya yang sekarang pupuk sudah banyak diperjualbelikan antara pupuk organik dan non-organik.

3. Tahapan Penyulaman Tanaman Jagung Manis

Penyulaman artinya mengganti bibit tanaman yang tidak tumbuh di ganti dengan bibit baru sehingga semua bibit tanaman tersebut tumbuh semuanya dengan baik.

 Penyulaman Tanaman Jagung Manis
Penyulaman Tanaman Jagung Manis

Seperti halnya dalam artikel kali ini, bibit jagung manis yang ditanam bersamaan tentunya dapat terlihat dalam jangka waktu 1 – 2 mingguan baru terlihat antara bibit jagung manis yang tumbuh dan juga yang tidak tumbuh. Maka dari itu, bibit jagung yang tidak tumbuh tersebut bisa diganti dengan bibit baru sehingga semua tumbuhan bibit jagung tersebut tumbuh secara bersamaan dan juga merata dewasanya.

4. Tahapan Penyiangan Tanaman Jagung Manis

Penyiangan artinya membersihlkan atau mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman kemudian melakukan gundukan yang diarahkan ke tanaman tersebut.

Penyiangan Tanaman Jagung Manis

Penyiangan terhadap tanaman jagung manis juga serupa, yang artinya rumput yang ada di sekitar jagung manis ini yang sudah tumbuh sekitar 2 – 3 mingguan tersebut harus benar-benar dibersihkan sehingga tanaman jagung tersebut bersih dari rumput-rumput sekitar dan lebih terlihat bersih dengan adanya gundukan yang melingkar di tanaman jagung manis tersebut. Cara melakukannya mudah yaitu dengan cangkul atau arit yang di arahkan ke rumput tersebut.

5. Tahapan Penyiraman Tanaman Jagung Manis

Penyiraman Tanaman Jagung Manis

Tahapan ini dilakukan dengan rutin pada musim kemarau, hanya untuk melembabkan tanah yang ada dalam tanaman jagung Anda, jika musim penghujan maka tidak usah disirami lagi karena kelembaban air yang tersimpan dalam tanah. Intinya Anda harus benar-benar mengecek keadaan jagung manis supaya tidak kekurangan air sedikitpun.

6. Tahapan Pemberian Pupuk pada Tanaman Jagung Manis

Pemberian Pupuk
Pemberian Pupuk

Tahapan ini merupakan tahapan terkahir, yang artinya pemupukan itu memang harus dilakukan dengan baik. Memang benar saat menanam tadi sudah diberi pupuk, tapi ini merupakan pemupukan yang kedua kalinya, supaya tanaman jagung manis Anda itu semakin tumbuh dengan subur dan bergizi baik. pemupukan ini dilakukan saat jagung manis Anda sudah berusia 2 bulanan. Karena itu merupakan waktu yang baik untuk pemberian pupuk kedua kalinya.

Semoga dalam artikel kali ini sangat bermanfaat bagi Anda khususnya pecinta budidaya jagung manis ini, semoga dapat berhasil sesuai dengan harapan dan terima kasih.

Leave a Reply