jenis kelengkeng

Jenis-Jenis Kelengkeng yang Bisa Kita Tanam Di Pekarangan Rumah

Jenis-Jenis Kelengkeng | Mata kucing atau kelengkeng merupakan salah satu buah-buahan yangberasal dari Asia tenggara dengan banyak sekali jenis-jenis kelengkeng yang dibudidayakan.

Pohon kelengkeng sendiri mampu mencapai tinggi hingga 40 meter dengan diameter batang sekitar satu meter. Pohon kelengkeng mempunyai daun majemuk yang sebagian besar daun tersebut mempunyai bulu tepat pada bagian aksial.

Kelengkeng
Kelengkeng

Jenis-jenis Kelengkeng Yang Banyak Dibudidayakan

Mengenai beragamnya jenis-jenis kelengkengyang ada dipasaran memang terkadang sangat membingungkan terutama jika Anda seorang pemula. Pengetahuan akan jenis kelengkengunggulan akan sangat membantu Anda untuk memilih jenis kelengkeng seperti yang Anda harapkan sebelumnya.

Ada banyak sekali kelengkeng dengan variasi jenis dan varietasnya. Pastikan untuk memilih jenis atau varietas yang menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengetahui jenis-jenis kelengkengyang akan ditanam pasti juga akan mempengaruhi juga beberapa persiapan yang harus Anda persiapkan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan perlakuan pada buah kelengkeng nantinya sehingga mampu menghasilkan buah yang lebat dan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Menurut tempat tumbuhnya, pohon kelengkeng dibedakan menjadi dua jenis yakni kelengkeng dataran rendah dan kelengkeng dataran tinggi.

1. Kelengkeng Dataran Rendah

Kelengkeng Dataran Rendah
Kelengkeng Dataran Rendah

Kelengkeng dataran rendah akhir-akhir ini menjadi primadona baru sebab banyak orang yang masih beranggapan jika kelengkeng hanya bisa tumbuh di dataran tinggi saja.

Ada beberapa jenis-jenis kelengkengdataran rendah seperti kelengkeng gading/kristalin, diamondriver, pingpong, jendral, aroma duren dan puan ray. Kelengkeng dataran rendah biasanya bisa berbuah dengan sendirinya tanpa adanya perlakuan istimewa.

Hal inilah yang mampu membuat para petani untuk beralih membudidayakan kelengkeng dataran rendah. Tingkat produktivitas serta mudahnya berbuah sebenarnya sangat tergantung dari varian kelengkeng itu sendiri atau dengan kata lain merupakan bawaan genetik.

Jenis kelengkeng yang paling banyak dibudidayakan ialah jenis pingpong dan diamondriver.

  • Kelengkeng Pingpong
Kelengkeng PingPong
Kelengkeng PingPong

Kelengkeng pingpong adalah salah satu macam kelengkeng dataran rendah yang cepat sekali berbuah. Kelengkeng ini seringkali disebut dengan kelengkeng super karena mempunyai ukuran sama besar dengan bola pingpong, maka tak heran jika kelengkeng ini dinamai kelengkeng pingpong.

Buah kelengkeng ini cenderung berbau harum dengan rasa yang sangat manis. Buah daging tipis dengan biji yang besar cenderung lebih kering.

Untuk mengenali pohon kelengkeng jenis ini Anda bisa melihat dompolan buahnya yang lebat dengan sedikit buah yang dihasilkan karena cabang pohon yang jarang. Jarangnya cabang pohon inilah yang menjadi kekurangan kelengkeng pingpong.

  • Kelengkeng Diamon Driver
Kelengkeng Diamond Driver
Kelengkeng Diamond Driver

Salah satu jenis-jenis kelengkeng yang cepat berbuah ialah kelengkeng diamon driver. Kelengkeng ini merupakan kelengkeng unggulan yang paling banyak dibudidayakan karena buahnya sangat manis dan berbuah banyak.

Buah kelengkeng jenis ini berair dan menjadi kelemahan buah jenis ini. Pohon ini sangat cocok ditanam di halaman rumah karena mempunyai cabang yang banyak dan berdaun rimbun. Daunnya berwarna hijau terang dengan daun bergelombang pada bagian tepinya.

  • Kelengkeng Kristalin
Kelengkeng Kristal
Kelengkeng Kristal

Karena daging buah berwarna bening, jenis-jenis kelengkengini dinamakan kelengkeng kristalin karena dianggap sebening Kristal. Aroma kelengkeng jenis ini juga wangi dengan rasa yang manis.

Ketika berbuah, semua pucuk daun akan berbuah secara bersamaan. Pohon kelengkeng ini terdiri dari bunga betina dan bunga jantan dalam satu pohon.

Jadi hanya dengan menanam sebuah pohon kristalin, pohon akan dapat berbuah. Daun yang dimiliki kristalin memiliki kemiripan dengan kelengkeng daun itoh dengan warna hijau muda dan kerempeng. Pohon ini berbuah dengan daging tebal, kenyal, kering dan terasa manis.

  • Kelengkeng Puan Ray
Kelengkeng Puan ray
Kelengkeng Puan ray

Kelengkeng jenis ini berasal dari Thailand dengan buah yang lebat. Daging tebal cenderung kering dengan biji yang kecil. Jenis kelengkeng ini mampu berbuah ketika masih berumur 1 tahun dan tanpa memerlukan perlakuan tertentu karena pohon ini cepat sekali berbuah.

  • Kelengkeng Aroma Durian

Mata naga ialah nama lain dari jenis-jenis kelengkeng ini. Secara fisik kelengkeng ini terlihat seperti kelengkeng pingpong.  Aroma buahnya nyaris seperti bau durian ketika hampir matang. Cabang pohon juga banyak sehingga sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah.

  • Kelengkeng Pucuk Merah

Secara fisik, jenis ini mirip dengan kelengkeng aroma durian. Perbedaannya terletak pada kulit ketika matang yakni berwarna kuning gading sedangkan aroma durian berwarna putih.

2. Kelengkeng Dataran Tinggi

Kelengkeng Itoh
Kelengkeng Itoh

Kelengkeng dataran tinggi merupakan jenis-jenis kelengkeng yang berasal dari Indonesia. Kelengkeng ini banyak dijumpai di daerah dataran tinggi seperti Temanggung dan Ambarawa Jawa Tengah.

Jenis kelengkeng ini meliputi kelengkeng itoh, srichompu, beawkeaw, kaisar, phuan tong, dan Kristal atau phuanmane. Kelengkeng ini mempunyai daun yang lebar, tebal dan juga besar. Supaya cepat berbuah, diperlukan perlakuan khusus yakni dengan menambahkan suntik hormon dan pemupukan.

Kelengkeng yang paling banyak ditanam ialah kelengkengitoh. Kelengkeng jenis ini adalah perpaduan dari kelengkengphuanray dengan diamondriver.

Daging buah terasa sangat manis dengan daging buah tebal dan biji kecil. Buah ini tidak mempunyai kandungan air. Untuk berbuah memerlukan waktu hingga tiga tahun dengan hasil panen melimpah.

Produktifitas dan kualitas inilah yang menjadi sebuah magnet bagi kelengkengitoh banyak diminati oleh para petani.

Meskipun ada beberapa jenis-jenis kelengkeng yang mempunyai banyak keunggulan dengan hasil buah melimpah, produktivitas tinggi dan rasa buah yang manis, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh para petani kelengkeng yakni sulitnya membudidayakan kelengkeng-kelengkengunggulan tersebut.

Kelengkeng jenis itoh dikatakan sebagai varietas terbaik namun ketika di tanam di Indonesia sulit berbuah sebab belum menemukan teknik yang tepat untuk membuahkannya.

Kebun Kelengkeng
Kebun Kelengkeng

Hal inilah yang kemudian menjadi tantangan terbesar para petani kelengkeng lokal. Jauh berbeda dengan Negara Vietnam dan Thailand yang sudah banyak membudidayakan buah kelengkeng dengan buah yang terasa sangat manis, kualitas bagus dan produktifitas tinggi.

Hal ini dikarenakan mereka sudah mengetahui teknik yang tepat untuk membuatnya cepat berbuah lebat terutama karena pemberian hormon dan pemupukan yang tepat dan benar.

Sebelum menanam buah kelengkeng, Anda harus mengetahui apa saja syarat yang diperlukan agar kelengkeng dapat tumbuh dengan baik seperti tanah yang gembur dengan lapisan permukaan tanah tebal sehingga mampu mengikat kadar air dengan sangat baik.

Pastikan Anda sudah memilih lokasi terlebih dahulu sebelum menanam buah ini baik di dataran rendah atau dataran tinggi.

Buah Kelengkeng
Buah Kelengkeng

Jika Anda ingin menanam kelengkeng, pastikan untuk menanamnya di penghujung musim kemarau yakni bukan November hingga Desember.

Akan tetapi Anda juga diperbolehkan untuk menanamnya kapan pun Anda mau tapi harus diingat untuk memperhatikan kebutuhan air dan asupan makanan dengan sebaik-baiknya.

Dengan mengetahui jenis-jenis kelengkengdiatas, Anda pasti sudah mulai paham kelengkeng jenis mana saja yang cocok ditanam sesuai dengan keinginan Anda.

Kemudian, Anda tinggal mencari tahu teknik-teknik menanam pohon buah kelengkeng yang mudah, efisien dan tentu saja hemat biaya. Selamat mencoba!

Leave a Reply