budidaya tomat

Cara Menanam Tomat Agar Tumbuh Subur dan Hasil Panen Berlimpah

Cara Menanam Tomat | Makin berkembangnya zaman semakin pula lahan-lahan persawahan, ladang, bahkan pekarangan beralih fungsi menjadi lahan-lahan pembangunan oleh pihak-pihak penguasa.

Lahan yang biasanya dijadikan untuk menanam segala jenis tanaman yang bermanfaat menjadi berkurang. Sehingga penananam tanaman-tanaman tersebut menjadi beralih fungsi juga dengan teknik yang lebih canggih dan modern. Seperti dengan penanaman-penanaman di pot atau dengan strategi teknik yang lainnya.

Maka dari itulah, dalam artikel kali ini akan dijelaskan cara untuk menanam tomat dengan disajikan terkait dengan pengenalan tanaman tomat, pemilihan bibit yang baik, tahap penanaman tomat dengan benar, serta cara untuk budidaya tanaman tomat  agar hasil berlimpah. Untuk itu, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Tanaman Tomat

mengenal buah tomat

Tomat merupakan salah satu tumbuhan yang siklus hidupnya sangat singkat, yang juga dapat tumbuh setinggi 1-3 m (satu sampai tiga meter).  Tomat yang memiliki ciri khas dengan bentuk yang bulat serta warna buah hijau, kuning dan juga merah.

Hijau yang menandakan buah tomat yang masih mentah, sedangkan warna kuning yang menandakan buah tomat tumbuh menjadi matang dan warna buah tomat merahlah yang benar-beanr matang dan dapat dikonsumsi secara langsung.

Buah tomat yang berasal dari Amerika Serikat yang hidup di dataran tinggi ini tergolong atau diklasifikasikan sebagai buah dan juga sayuran. Tomat yang dapat dijadikan segala macam hal seperti dimakan langsung, di masak menjadi sayuran dan juga sebagai bahan herbal kecantikan dan juga yang lainnya. Sehingga tomat ini banyak diminati oleh semua orang dan juga sudah tersebar luas sampai dunia.

Pemilihan Bibit Tanaman Tomat

Setelah mengenal apa itu tanaman tomat ? sekarang beralih lagi pada tahap untuk pemilihan bibit-bibit yang tentunya berkualitas. Karena sebelum pada tahap penanaman tanaman tomat ini, tentunya Anda harus mnegenal juga bagaimana cara untuk memilih bibit yang baik supaya tanaman tomat Anda ini tumbuh dengan subur dan sesuai dengan harapan.

Pemilihan Bibit Tanaman Tomat

Maka dari itu, langsung simak cara untuk memilih bibit yang baik untuk tanaman tomat yaitu :

1. Benih Open Polinated

Yaitu salah satu jenis benih yang ada dalam tanaman tomat yang dihasilkan dari persilangan sendiri. Yaitu persilangan melalui angin, serangga dan penyerbukan dari bunga jantan dan juga betina, sehingga didapatkan benih-benih murni.

Terdapat lagi penyilangan yang berupa isolasi yang mampu menghasilkan bernih murni dengan penyerbukan sendiri. Persilangan inilah yang biasanya digunakan pada bibit tomat. Dari persilangan tersebut juga akan mendapatkan keturunan benih yang menyerupai sifat induknya.

2. Benih Tomat Hibrida

Jenis benih hibrida “Hybrid” yaitu salh satu jenis benih yang merupakan turunan individu dari hasil perkawinan secara alami atau sengaja dari dua jenis tumbuhan dalam satu keluarga baik itu antarmarga maupun antarjenis dalam satumarga. Sehingga benih ini akan menghasilkan sifat yang unggul.

Dengan dua jenis bibit unggulan tersebut, Anda juga harus bisa menyesuaikan dengan beberapa hal di bawah ini yaitu :

3. Ketahanan Penyakit

Bagaimana cara memilih benih yang baik khususnya terhadap ketahanan pada penyakit. Karena cara ini dilakukan untuk meminimalisir resiko gagal panen. Sebab tanaman tomat ini merupakan tanaman yang rawan akan penyakit. Maka dari itu, memilih bibit yang unggul juga harus memperhatikan terhadap ketahanan penyakit juga.

4. Vigor Benih

Yaitu salah satu keunggulan dari benih tanaman tomat yang sangat ditonjolkan. Dengan begitu, adaptasi terhadap lingkungan juga harus benar-benar diutamakan dalam memilih bibit unggulan jenis tanaman tomat ini.

5. Hasil dan Harga

Bagaimana cara Anda saja dalam memilih bibit yang baik, tanpa adanya campur tangan di penjual. Karena Anda yang sudah mengetahui kualitas jenis bibit unggulan yang Anda inginkan.

Kemudian dengan kualitas harga, tidak semua harga yang mahal itu kualitas bijinya pasti sangat baik. Semua itu tergantung pada Anda yang dapat melakukan proses penanaman bibit tomat dengan baik.

Cara Menanam Tanaman Tomat yang Benar

Tahap pengenalan tanaman tomat serta biitnya sudah dijelaskan di atas, tahap selanjutnya yaitu cara untuk menanam tanaman tomat yang baik. Ada beberapa cara untuk menanam tanaman tomat di bawah ini :

cara menanam buah tomat

 

1. Memperhatikan Tempat Tinggal atau Lingkungan Sekitar

Lingkungan atau tempat tinggal juga harus diperhatikan karena tomat harus ditanam ditempat yang mempunyai kondisi lingkungan yang ideal sehingga buah yang dihasilkan nanti tumbuh sedap. Kondisi tanah serta iklim yang yang ada di tempat Anda juga harus di perhatikan dengan baik.

2. Memilih jenis Tomat yang Akan Ditanam

Memilih jenis tomat ini bisa Anda sesuaikan dengan apa yang ingin Anda tanam. Karena tomat ini memiliki banyak sekali jenisnya baik itu dari ukuran, warna serta rasa yang sangat unik yang dimilikinya. Salah satu diantaranya yaitu :

3. Tomat Tumbuh dengan Jenis “Determinate” dan “Indeterminate”

Yang artinya bahwa jenis determinate itu tumbuh dengan tegak ke atas, cepat berbuah namun daur hidupnya singkat. Sedangkan inderminate ini tumbuh dengan merambat yang menghasilkan buah dengan jangka waktu yang lama.

4. Memilih Biji yang Sesuai dan Unggul

Pemilihan biji tomat yang akan ditanam yaitu dengan memilih biji yang segar dari buah tomat yang sudah dipotong atau dari semaian biji yang didapatkan di toto kebun.

5. Memualai Menanam Tanaman Tomat dengan Waktu yang Tepat

Ketepatan waktu dalam menanam tomat itu sangat penting supaya dapat menghasilkan hasil yang bagus. Mulailah menanam tomat dengan waktu 2 minggu di akhir musim penghujan.

Cara Budidaya Tomat dengan Baik :

Dalam budidaya tomat ini berbeda dengan cara menanam, lebih tepatnya budidaya ini yaitu lebih kompleks untuk menanam tomat ini, langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Cara Budidaya Tomat

1. Memilih Benih Tomat yang Unggul dan Berkualitas

Memilih benih ini sangatlah diutamakan, karen Anda harus mampu menyesuaikan dengan lokasi atau lingkungan tempat tinggal tomat yang akan ditanam. Cara memilih benih atau biji tomat ini yaitu dengan memilih kualitas yang baik dan sangat tinggi, sehingga tahan terhadap dengan penyakit-penyakit.

2. Mengolah Tanah Tanaman Tomat

Tujuan mengolah tanaman tomat yaitu untuk menciptakan kondisi fisik, kimia dan juga biologis tanah ini menjadi lebih baik sehingga gulma-gulma yang ada dalam tanah ini bisa terbunuh dan juga tanaman-tanaman yang tidak baik.

Menyiapkan segala pengaturan irigasi serta mengolah tanah dengan cara membajak atau mencangkul dengan kedalaman kurang lebih 20 cm. Sehingga semua tahap tersebut membuat unsur dalam tanah sesuai atau cocok dengan tanaman tomat yang akan ditanam sehingga buah yang akan dihasilkan nantinya bisa berkualitas dengan baik.

3. Memupuk Tanaman Tomat untuk Menghasilkan Buah yang Baik

Pemilihan pupuk untuk tanaman tomat yang baik yaitu dengan menggunakan pupuk –pupuk yang unggul dan terpercaya. Pupuk tersebut diantaranya yaitu :

pupuk untuk tanaman tomat

  • Pupuk Organik Cair GDM

Yaitu digunakan saat tomat berumur 7 hari dengan mengulangi pemberian pupuk 1 minggu sekali dengan takaran 500 ml.

  • Pupuk Black Bos

Yaitu digunakan saat tomat umur 30 hari dengan takaran 5 kg per Ha.

  • Pupuk Kandang

Yaitu digunakan pada 1 bulan sekali sebanyak 300 gr per batang.

  • Pupuk Anorganik

Yaitu digunakan pada tomat umur 10, 20 serta 30 HST dengan kandungan nitrogen dan NPK dengan dosis 5 gr.

Dari beberapa tahapan yang sudah dijelaskan di atas, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda khususnya pecinta tanaman tomat. Semoga tanaman tomat Anda dapat tumbuh dengan subur dan mempunyai kualitas buah yang sangat baik. Itu saja yang dapat dijelaskan, terima kasih.

Leave a Reply