Ikan Discus

♦ 11 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok Untuk Di Pelihara

Ikan Hias Air Tawar | Para pecinta ikan saat ini sudah semakin bertambah banyak. Hal ini dikarenakan memelihara ikan di akuarium tidak serumit  memelihara kucing atau anjing.

Memelihara ikan di akuarium sendiri juga dapat menjadi obat penenang alami ketika sedang melakukan aktivitas yang menjenuhkan. Jenis ikan yang paling banyak dijualbelikan sebagai ikan hias adalah jenis ikan hias air tawar.

Ikan Hias Air Tawar
Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias yang berasal dari perairan air tawar sangat digemari dan lebih banyak dibudidayakan dibandingkan dengan ikan hias air laut. Hal ini dikarenakan habitat ikan yang berada di air tawar akan mempermudah proses perawatannya.

Ikan hias air tawar juga termasuk yang mudah untuk dibudiayakan dan mudah dikawinsilangkan sehingga ikan hias yang dihasilkan dapat menjadi lebih bervariasi dari segi warna dan bentuknya. Bagi Anda yang berencana merawat ikan hias air tawar ini. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Ikan Koi

Ikan Hias Koi
Ikan Hias Koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang difavoritkan oleh banyak pecinta ikan. Terutama untuk dirawat di kolam peliharaan rumah Anda. Ikan ini menghadirkan corak dan motif yang unik yang akan terlihat indah bila nampak dari atas kolam.

Ikan koi sendiri termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan para pecinta ikan. Sayangnya ikan ini membutuhkan ruang gerak yang luas, sehingga Anda perlu membuat kolam hias yang berukuran luas jika Anda berencana merawat ikan koi ini.

2. Ikan Discus

Ikan Discus
Ikan Discus

Disebut dengan ikan discus, karena bentuk tubuh ikan ini miripseperti discus atau piringan. Ikan discus banyak dipelihara sebagai ikan hias karena memiliki warna tubuh yang cerah dan sangat atraktif.

Selain itu, jenis ikan hiasyang satu ini juga memiliki perilaku gerak yang lambat dan tenang, sehingga Anda dapat melihat keindahan tubuhnya berlama-lama di akuarium kesayangan Anda. Ikan ini biasa hidup pada kondisi suhu normal yaitu 25 hingga 30C.

3. Ikan Louhan

Ikan Louhan
Ikan Louhan

Ikan louhan termasuk kedalam jenis ikan hias air tawar yang memiliki harga jual yang sangat mahal. Satu ekor ikan louhan hias bisa dibanderol dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini tidak aneh, karena ikan louhan sendiri memiliki bentuk tubuh yang sangat unik yaitu benjolan pada kepalanya. Ditambah lagi warna sisik yang sangat beragam dan mencolok. Menjadikan siapa saja tertarik untuk merawat jenis ikan hias air tawar yang satu ini.

Ikan louhan bukan termasuk kedalam varietas asli, namun merupakan hasil perkawinan silang dari berbagai macam varietas ikan cichlid. Di alam liar, ikan ini memiliki sifat predator dan sangat liar.

4. Ikan Arwana

Ikan Arwana
Ikan Arwana

Ikan ini juga menjadi salah satu ikan hias terfavorit yang banyak diburu orang. Salah satu ciri khas yang sangat identik dari jenis ikan hias air tawar ini adalah adanya dua sungut yang berada di bagian bawah bibirnya.

Yang perlu Anda ketahui, ikan arwanamerupakan salah satu ikan asli dari Indonesia, tepatnya berada di daerah pedalaman Kalimantan. Dahulu, ikan arwana banyak sekali diburu oleh masyarakat, namun sejak digemari sebagai ikan hias, ikan ini sudah mulai banyak dibudidayakan.

5. Ikan Lemon

Ikan Lemon
Ikan Lemon

Ikan lemon memilikiciri khas yaitu warna kuning yang sangatcerah pada seluruh sisik tubuhnya sehingga berwarna seperti lemon. Walaupun terkesan cantik, namun Anda harus berhati-hati dalam merawat ikan ini, karena ikan lemon cenderung memiliki sifat rakus dan juga agresif.

Ikan lemon juga tergolong ikan predator. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana memelihara ikan lemon ini, sebaiknya Anda menempatkannya di akuarium terpisah dari ikan hias lain.

6. Ikan Cat Fish

Ikan Catfish
Ikan Catfish

Cat fish merupakan istilah lain dari ikan lele. Mungkin Anda masih bingung mengapa ikan lele dapat menjadi ikan hias. Di alam, ikan lele memiliki dua jenis yaitu ikan lele polos yang biasa dikonsumsi dan ikan lele hias yang memiliki motif tubuh yang unik dengan warna-warni yang beragam.

Salah satu contoh ikan lele hias yang biasa dipelihara sebagai ikan hias adalah dari spesies Red Tail Cat Fish. Panjang dari jenis ikan hias air tawar ini dapat mencapai 1 meter.

7. Ikan Oscar

Ikan Oscar
Ikan Oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang menarik karena seluruh sisik tubuhnya memiliki motif bintik-bintik. Tak jarang juga motif ini membentuk suatu tulisan atau bentuk-bentuk unik.

Sisik ikan Oscar yang berwarna kuning kemerahan menjadikan ikan ini semakin banyak dicari orang. Sama seperti ikan lemon, ikan Oscar juga termasuk kedalam jenis ikan pemangsa atau predator.

8. Ikan SwordTail

Ikan SwordTail
Ikan SwordTail

Ikan yang satu ini juga tidak kalah menarik dengan jenis ikan hias air tawar yang lain. Ciri khas yang menjadi daya tarik ikan swordtail adalah bentuk ekornya yang sangat lurus dan hampir tegak seperti pedang.

Yang menarik dari ikan ini adalah sistem reproduksinya yang tidak biasa. Ikan ini melakukan pembuahan secara internal dan melahirkan anaknya.

9. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra
Ikan Neon Tetra

Dinamakan ikan neon karena warna tubuh ikan ini sangat mencolok danberagam sehingga dapat dilihat dalam kegelapan sekalipun. Warna tubuhnya yang indah inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk memelihara ikan neon tetra.

Ikan ini termasuk kedalam ikan hias yang berukuran kecil. Di alam, ikan neon tetra dapat ditemukan di berbagai wilayah perairan air tawar di Asia Tenggara, Brazil, dan juga Peru.

10. Ikan Black Tetra

Ikan Black Tetra
Ikan Black Tetra

Setelah neon tetra, kini ada juga ikan black tetra. Berbeda dengan neon tetra, ikan ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu warna hijau zaitun yang berada pada bagian punggungnya.

Walaupun dikenal dengan sebutan black tetra, namun warna hitam yang ada pada ikan ini hanya berupa garis-garis yang berada pada bagian samping.

Ikan tetra termasuk kedalam jenis ikan perenang yang sangat aktif dan juga agresif. Namun bagi Anda yang berencana memelihara jenis ikan hias air tawar yang satu ini, Anda bisa menempatkannya didalam akuarium yang besar.

11. Ikan Sapu-Sapu Hias

Ikan Sapu-Sapu
Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu hias ini sangat berbeda dengan saudaranya. Anda bisa menemukan ikan sapu-sapu dengan warna hitam legam di sungai. Namun ikan sapu-sapu hias berbeda karena memiliki motif dan corak yang sangat unik. Harga yang dibanderol untuk ikan ini juga tergolong sangat mahal.

Ikan sapu-sapu hias termasuk kedalam ikan yang berperilaku tenang dan damai, sehingga Anda dapat menyatukannya dengan jenis yang lain dalam satu aquarium.

Itulah beberapa keragaman spesies dari jenis ikan hias air tawar yang diinformasikan untuk Anda. Yang perlu Anda perhatikan ketika merawat ikan hias adalah jangan sampai Anda menyatukan ikan hias predator dengan ikan hias yang tenang.

Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan jika ikan hias predator nantinya akan menyerang ikan hias yang lain.

Leave a Reply