Warna Kaki

9 Ciri Murai Medan yang Harus Anda Ketahui, Mudah Kok!

Ciri Murai Medan | Murai medan merupakan salah satu jenis burung yang cukup banyak dicari untuk dipelihara. Burung jenis ini merupakan salah satu jenis murai batu terbaik dari puluhan jenis yang ada.

Meskipun bernama murai medan namun penyebarannya cukup merata, bisa ditemukan di pulau Sumatera, pulau Kalimantan, dan pulau Jawa.

Ciri murai medan harus diketahui terlebih dahulu jika ingin memeliharanya, karena murai batu memiliki cukup banyak jenis dengan ciri yang tidak jauh berbeda.

Burung murai batu memiliki jenis yang cukup banyak hingga puluhan sehingga susah untuk membedakan jika tidak tahu ciri ciri khususnya dengan jelas.

Untuk Anda yang berniat mencari murai medan dan ingin memeliharanya, berikut ini ada beberapa ciri yang harus diperhatikan agar tidak salah beli. Apa saja cirinya?

Murai Medan
Murai Medan

9 Ciri Murai Medan

Pencinta burung mencari murai medan untuk dipelihara karena burung jenis ini memiliki ekor khas, karakter berkualitas, dan kicauan yang indah. Memelihara burung dengan kualitas baik tentu saja memiliki kepuasan tersendiri.

Namun permasalahan yang timbul bagi pemula adalah tidak bisa membedakan murai medan dengan murai batu jenis lainnya. Murai medan memiliki ciri khusus yang bisa digunakan sebagai pembeda dengan murai batu lain.

Berikut ini 9 ciri murai medan yang harus diketahui untuk membantu Anda memilih dengan benar:

1. Memiliki tubuh yang besar dan tegap

Tubuh Tegap Murai Medan
Tubuh Tegap Murai Medan

Ciri murai medan yang pertama harus Anda perhatikan adalah ciri fisiknya. Bentuk tubuh dari murai ini lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu postur tubuh dari burung jenis ini juga tegap sehingga terlihat lebih gagah.

Bentuk ekornya yang panjang cocok dengan bentuk tubuh yang besar. Dari bentuk tubuh tersebut kualitas kicauan yang dihasilkan menjadi lebih indah.

2. Memiliki ekor yang sangat panjang dan melengkung

Ekor Murai Batu
Ekor Murai Batu

Murai medan memiliki ekor dengan ukuran yang panjang dan sedikit melengkung sehingga lebih indah untuk dilihat. Panjang ekornya bisa mencapai 20 centimeter hingga 25 centimeter. Bahkan ada murai medan yang memiliki panjang ekor hingga 35 centimeter.

Ciri murai medan yang berkualitas juga terlihat dari pergerakan ekornya. Murai medan yang berkualitas adalah murai yang dapat mengangkat ekor hingga ke atas kepala.

Itu juga menjadi salah satu keunikan hingga burung ini banyak dicari. Namun, masih ada beberapa jenis burung yang memiliki ekor sedikit pendek dan lurus.

3. Bulunya berwarna hitam, cokelat, dan merah gelap

Warna Murai Medan
Warna Murai Medan

Warna bulu leher, sayap, dan kepala dari burung satu ini adalah hitam kelam dan mengkilap jika diperhatikan. Uniknya adalah jika berada di bawah sinar matahari, bulunya akan terlihat berwarna biru semu.

Bulu dadanya berwarna cokelat tua atau hitam sedikit abu, sedangkan kaki burung muda berwarna merah gelap untuk yang tua terdapat sisik dan lekukan. Ciri murai medan yang berkualitas adalah bulu yang rapi, warna berkilau, dan tidak rontok.

4. Memiliki bentuk kepala yang indah

Bentuk Kepala
Bentuk Kepala

Bentuk kepala murai medan ini relatif lebih indah dibandingkan murai batu jenis lainnya. Apalagi murai medan yang berkualitas, jika sedang berdiri kepalanya ditegakkan sehingga menambah keindahan dan kegagahan burung.

Jika Anda ingin memelihara burung murai medan untuk dipamerkan, ciri ini harus benar-benar diperhatikan. Karena banyak orang tertarik dengan bentuk kepalanya yang indah.

5. Memiliki motif ekor yang unik dan indah

Motif Ekor Yang Unik
Motif Ekor Yang Unik

Motif ekor menjadi ciri murai medan yang cukup mencolok karena terlihat unik dan indah. Murai ini memiliki empat pasang bulu di bagian kanan dan bagian kiri dari ekornya.

Bulu bulu tersebut pada umumnya berwarna putih bersih. Pada beberapa burung, corak putih tersebut membentuk huruf U dengan bagian tengah yang terpotong. Terdapat juga strip berwarna hitam pada pangkal ekor yang membelah secara horizontal.

Murai medan yang berkualitas adalah yang memiliki motif bulu jelas dengan presisi antara kiri dan kanan seimbang. Selain itu motifnya juga harus identik antara kiri dan kanan dan warna putihnya terlihat bersih dan berkilau.

6. Kakinya berbentuk melengkung seperti belimbing

Bentuk Kaki
Bentuk Kaki

Ciri murai medan selanjutnya terdapat pada bentuk kaki yang berbeda dengan murai batu jenis lainnya. Bentuk kaki burung yang berumur tua akan mengalami perubahan tertentu yang kemudian bisa dijadikan pembeda dengan bentuk lain.

Bentuk kaki murai medan tua terlihat melengkung seperti bentuk buah belimbing. Ciri ini tidak hanya digunakan untuk membedakan murai medan dengan murai batu lainnya, tapi juga bisa digunakan untuk membedakan murai yang sudah berumur tua dengan murai yang masih muda.

Jika Anda mencari murai medan untuk dijadikan indukan makan murai yang memiliki ciri ciri ini bisa dipilih. Murai medan dengan bentuk kaki seperti belimbing sudah tua dan siap untuk kawin.

7. Kakinya berwarna merah kecokelatan atau hitam

Warna Kaki
Warna Kaki

Warna kaki dari murai medan menjadi ciri ciri yang cukup khas untuk digunakan sebagai pembeda dengan jenis murai batu lainnya. Warna kaki murai medan cukup indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta burung.

Warna kaki dari murai medan biasanya adalah merah kecokelatan, namun ada beberapa burung yang memiliki kaki berwarna hitam. Warna kaki yang berbeda tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk memilih murai medan.

Jika ingin burung yang unik dan indah maka lebih baik memilihmurai medan dengan kaki merah kecokelatan, namun jika ingin memelihara burung murai medan yang gagah dan tangguh maka warna hitam akan lebih cocok.

8. Memiliki kicauan yang keras dan jelas

Kicauan Murai
Kicauan Murai

Kicauan merupakan hal yang menjadi alasan seorang pencinta burung memelihara banyak burung. Kicauan yang bagus dan indah akan menambah kepuasan tersendiri bagi pencinta burung. Begitupun dengan burung murai medan, banyak yang mencarinya karena kicauan yang unik dan indah.

Burung jenis ini memiliki kicauan dengan intonasi yang jelas dan keras. Selain itu, burung unik satu ini dapat berkicau secara berulang kali atau terus menerus.

Ciri burung ini cukup jelas terlihat, jika Anda memilih burung pastikan burung tersebut memiliki kicauan yang keras dan jelas. Burung ini juga bagus untuk dijadikan masteran atau diikutkan lomba lomba tertentu.

9. Memiliki usia 4 hingga 6 bulan

Anakan Murai
Anakan Murai

Ketika melihat ciri burung ini, Anda harus memastikan bahwa burung sudah berusia 4 hingga 6 bulan. Burung murai medan yang berusia di bawah 4 hingga 6 bulan tidak menampakkan ciri ciri khusus yang telah disebutkan di atas.

Dengan tidak adanya ciri khusus maka susah dibedakan dengan murai batu jenis lainnya. Pilih murai yang sudah berusia di atas 4 hingga 6 bulan agar ciri khususnya terlihat dan dapat dibedakan.

Itulah 9 ciri murai medan yang harus Anda ketahui sebelum membelinya. Untuk pemula, membedakan jenis burung memang menjadi hal yang cukup sulit. Semoga informasi dari ciri ciri tersebut dapat membantu Anda memilih murai medan asli dengan baik dan benar sehingga tidak kecewa.

Leave a Reply