Pemberian Obat Cacing

Cara Penggemukan Sapi Dengan Cepat dan Sehat

Cara Penggemukan Sapi | Cara penggemukan sapi dengan cepat seringkali dicari oleh para pebisnis yang menggunakan sapi sebagai bahan olahan utamanya.

Pada umumnya sapi akan mengalami penggemukan secara alami setelah 4-6 bulan. Sapi merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat. Karena dari tubuh hingga kotoran sapi bisa dimanfaatkan.

Untuk itu terkadang karena kebutuhan bisnis maka penggemukan sapi dilakukan dengan cepat. Penggemukan sapi ini dilakukan agar kualitas daging dan tubuh sapi bisa tumbuh dengan cepat dan berkualitas.

Di Indonesia sendiri banyak sekali masyarakat yang memelihara peternakan sapi. Karena sapi memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya seperti daging sapinya yang diolah menjadi makanan atau susu sapi yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

Cara Pengemukan Sapi
Cara Pengemukan Sapi

Berikut Cara Penggemukan Sapi yang Cepat

Terdapat beberapa cara penggemukan sapi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Untuk itu akan diulas dan bisa dijadikan bahan rekomendasi untuk Anda yang ingin menggemukan sapi dengan cepat.

1. Cara Pemberian Pakan

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Pemberian pakan dengan jenis hijauan dan tinggi akan konsentrat akan membantu Anda dalam cara penggemukan sapi yang efektif. Karena makanan jenis hijauan dan konsentrat akan memenuhi kebutuhan makanan sapi tiap harinya.

Dengan begitu maka sapi akan tumbuh dengan lebih cepat. Selain itu, janganlah membatasi makanan ataupun asupan air pada sapi. Biarkan sapi makan hijauan dan meminum air dengan leluasa.

Karena semakin banyak makanan yang dikonsumsinya maka akan semakin cepat proses penggemukan sapi. Kebutuhan protein sapi setiap harinya haruslah terpenuhi dengan baik. Karena pakan yang diberikan kepada sapi akan diubah menjadi energi untuk menjalani kehidupan.

2. Pemberian Obat Cacing

Pemberian Obat Cacing
Pemberian Obat Cacing

Penyakit cacingan sering melanda sapi pada kebanyakan. Jika sapi mengalami cacingan maka sistem pencernaannya menjadi tidak baik dan bisa terlalu kurus.

Sehingga sebaiknya sebagai cara penggemukan sapi yang efektif Anda harus memberikan obat cacing kepada sapi Anda. Hal tersebut dimaksudkan agar sapi Anda bisa terhindar dari penyakit cacingan tersebut.

Dengan begitu metode penggemukan sapi akan berjalan dengan lancar. Jika setelah mengkonsumsi obat cacing namun sapi Anda malah tidak nafsu makan atau pencernaannya tidak lancar maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan obat yang lebih baik.

3. Percegahan Terhadap Sakit

Mencegah Penyakit
Mencegah Penyakit

Sapi merupakan jenis hewan yang rentan akan berbagai penyakit yang mampu menyerangnya seperti kudis, cacingan atau kembung. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan penyakit sebagai cara penggemukan sapi yang efektif.

Pencegahan dapat Anda lakukan dengan cara mencuci peralatan yang digunakan untuk merawat sapi. Pastikan alat yang dipakai sudah bersih dan terawat.

Lakukan pengecekan kesehatan secara teratur agar Anda bisa langsung tahu jika sapi Anda sakit. Lakukan vaksin secara berkala untuk memelihara kesehatan sapi.

Jika ada sapi yang sedang sakit maka sebaiknya dipisahkan dan dikandangi pada tempat yang berbeda. Hal tersebut dimaksudkan agar penyakit tidak menularkan sapi yang lainnya.

4. Pemberian Suplemen Penambah Nafsu Makan

Pemberian Suplemen Penggemukan Sapi
Pemberian Suplemen Penggemukan Sapi

Pemberian pakan harus dilakukan dengan cara yang banyak dan teratur agar sapi Anda bisa tumbuh dengan lebih cepat. Jika sapi Anda lesu atau tidak nafsu maka Anda bisa menggunakan suplemen penambah nafsu makan.

Penggunaan suplemen ini sangat dianjurkan bagi sapi yang susah makan atau sedang memiliki masalah pencernaan. Suplemen penambah nafsu makan ini juga akan membantu sapi Anda untuk memiliki keinginan makan yang lebih banyak.

Pada saat pemberian suplemen maka Anda harus mengimbangi dengan pemberian air yang banyak. Air menjadi salah satu sumber mineral yang dibutuhkan sapi untuk mencerna makanan dengan baik.

5. Pemilihan Bibit Sapi

Pemilihan Bibit Sapi
Pemilihan Bibit Sapi

Cara penggemukan sapi yang utama adalah memilih bibit sapi yang tepat. Karena pemilihan bibit sapi yang baik tentu akan sangat mempengaruhi perkembangan sapi kedepannya.

Sebaiknya pilihlah sapi jantan karena bisa tumbuh dengan lebih cepat daripada sapi betina. Pilihlah sapi muda yang berumur 1 hingga 2,5 tahun. Sapi muda memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga dagingnya akan kenyal dan lembut.

Jenis sapi ini akan lebih mudah diternak dan mampu menghasilkan daging dengan kualitas yang lebih baik. Sehingga ketika dimasak daging sapi cenderung akan kenyal dan mudah empuk. Pilihlah sapi yang memiliki asal usul jelas seperti jenis sapi lokal atau sapi hasil dari persilangan.

6. Pengobatan Sapi Ketika Sakit

Pengobatan
Pengobatan

Pencegahan terserang penyakit pada sapi tentu menjadi usaha utama yang harus Anda lakukan. Namun ketika sapi telah sakit maka Anda harus dengan sigap untuk menanganinya. Anda bisa memberikan banyak makanan hijau saat sapi sakit atau memberikan obat kepada sapi.

Namun jika tidak mempan maka Anda harus memanggil dokter hewan untuk mendapatkan obat yang lebih tepat. Ketika sapi sakit jangan biarkan sapi tersebut berinteraksi dengan sapi yang lainnya. Hal tersebut sebagai cara penggemukan sapi dengan cepat yang bisa Anda lakukan.

7. Managemen Kadang Sapi

Managemen Kandang Penggemukan Sapi
Managemen Kandang Penggemukan Sapi

Penggunaan kadang sapi yang tepat akan membuat cara penggemukan sapi berjalan dengan efektif. kandang digunakan sapi sebagai tempat berlindung dari panas maupun hujan.

Selain itu kandang juga digunakan untuk mengatur dan membatasi ruang gerak sapi. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan lemak yang berlebih pada sapi Anda.

Kandang sapi harus memiliki tempat pembuangan limbah yang baik. Karena kotoran sapi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk maka limbah harus dibuang dengan cara yang tepat.

Selain itu kandang sapi juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga pertukaran udara dapat berjalan dengan baik.

8. Sapi Tidak Dipekerjakan

Tidak Dipekerjakan
Tidak Dipekerjakan

Salah satu cara penggemukan sapi yang efektif adalah dengan menaruh sapi di dalam kandang. Proses penggemukan akan lebih cepat dan efektif jika sapi dikurung saja di kandang dan tidak melakukan aktivitas.

Hal tersebut dimaksudkan agar sapi memiliki waktu istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak mempekerjakan sapi pada saat proses penggemukan. Karena sapi tidak boleh dalam keadaan stres ataupun kelelahan.

Jika sapi stres maka nafsu makannya bisa menurun dengan drastis. Hal tersebut tentu akan membuat penggemukan gagal. Untuk itu sebaiknya kurung saja sapi di dalam kandang sambil diberikan makanan dan air yang cukup.

Itulah beberapa cara penggemukan sapi yang bisa Anda praktekkan jika ingin sapi peliharaan Anda cepat gemuk. Semakin cepat sapi peliharaan Anda gemuk maka akan semakin cepat juga bagian-bagian sapi dapat diolah.

Karena terdapat beberapa bagian sapi yang harus diolah dalam periode tertentu. Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap manfaat sapi sebagai bahan olahan.

Apalagi bagi Anda yang memang berbisnis dengan sapi maka Anda memiliki pesanan yang harus dipenuhi dalam kurun waktu tertentu. Tingginya minat masyarakat terhadap daging sapi dan olahan sapi yang lainnya membuat para masyarakat memilih untuk mengelola peternakan sapi.

Leave a Reply