Biarkan Dalam Kondisi Lapar

Cara Menjinakkan Kacer yang Benar Bagi Pemula

Cara Menjinakkan Kacer | Burung kacer merupakan salah satu burung yang memiliki jenis suara yang khas dan unik. Keunikan inilah yang menyebabkan burung ini diincar oleh banyak peternak burung.

Burung yang diketahui bisa meniru atau mengcopy beberapa teknik suara burung lainnya ini, tidak hanya bisa didapatkan melalui penangkaran.

Beberapa orang bahkan bisa mendapatkannya dari alam liar. Berikut ini adalah cara menjinakkan kacer hasil tangkapan dari alam atau yang mungkin Anda dapatkan dari peternak burung lainnya.

Cara Menjinakkan Kacer
Cara Menjinakkan Kacer

8 Cara Ampun Menjinakkan Kacer

Memiliki burung kacer bisa menjadi suatu kesenangan tersendiri. Suara dan celotehnya yang lincah membawa kesan tersendiri.

Apabila Anda berniat untuk memelihara burung kacer ini, namun masih belum bisa menguasainya atau menjinakkannya, silahkan coba cara-cara di bawah ini.

1. Biarkan Dalam Kondisi Lapar

Biarkan Dalam Kondisi Lapar
Biarkan Dalam Kondisi Lapar

Burung yang baru saja Anda tangkap dari alam liar biasanya akan bersikap cuek dan tidak menurut. Anda bisa membuatnya sedikit kelaparan dengan tidak memberikan makanan dan minuman apapun.

Hal ini bisa dikatakan agar kurang bagus namun merupakan cara menjinakkan kacer yang terbilang ampuh. Anda bisa meletakan burung kacer dalam sangkar dan menjemurnya selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Lakukan pada saat matahari sedang panas. Hal ini akan segera membuatnya kelaparan dan kehausan. Sehingga mau tidak mau, burung kacer akan memakan apapun yang Anda suguhkan.

Lakukan hal ini selama beberapa hari, dan lambat laun burung ini akan jinak dan menurut pada Anda.

2. Dilatih Dengan Cara Mandi

Dimandikan
Dimandikan

Cara menjinakkan kacer selanjutnya adalah dengan memandikannya setiap hari. Anda bisa memandikan burung kacer setiap pagi selama beberapa hari.

Pada awalnya, burung ini akan menolak. Anda bisa menggunakan semprotan atau pancuran saat memandikannya.

Pada saat burung kacer basah kuyup, berikan sedikit sentuhan atau elus-elus tubuhnya. Burung kacer akan merasakan kasih sayang yang Anda curahkan sehingga ia akan menjinak setelah beberapa waktu.

Burung juga merespon terhadap sentuhan yang diberikan. Awalnya dia akan mencoba menolak, namun lama-lama burung ini akan terbiasa dengan sentuhan Anda.

3. Menyuapi Dengan Lidi

Menyuapi Pakan
Menyuapi Pakan

Burung kacer yang baru saja diperoleh dari alam liar, pada umumnya masih akan asing dengan kehadiran manusia. Untuk beberapa saat, dia tidak akan mau menyentuh makanan yang Anda berikan.

Oleh sebab itu, Anda bisa menyuapinya menggunakan lidi sebagai salah satu cara menjinakkan kacer.

Tusukkan makanan di ujung lidi lalu kemudian suapkan pada burung kacer. Burung akan memakan makanan tersebut karena merasa aman dengan tidak adanya tangan manusia di sekitarnya.

Lambat laun, potonglah lidi hingga memendek. Jika panjang lidi sudah terlalu pendek dan burung kacer tidak menolak untuk disuapi, Anda bisa secara langsung ganti menyuap dengan tangan,

4. Melatih Dalam Keramaian

Melatih di Keramaian
Melatih di Keramaian

Ada beberapa perlombaan yang diikuti oleh sejumlah burung kacer. Mereka berlomba dengan cara bernyanyi. Burung yang mana yang suaranya paling nyaring dan unik, maka dialah pemenangnya.

Untuk mendapatkan burung kacer yang kuat mental seperti ini, Anda harus melakukan cara menjinakkan kacer dengan benar.

Untuk itu, Anda harus melatihnya agar bisa tampil di depan umum. Anda harus membuatnya terbiasa dengan lingkungan ramai.

Pada awalnya memang cukup susah. Burung kacer akan berterbangankesana kemari melihat banyaknya manusia yang berseliweran.

Oleh karena itu, Anda bisa memulainya dari tempat yang tidak terlalu ramai yaitu di sekitaran rumah atau halaman.

5. Melatih Hidup Di Sangkar Kecil

Melatih hidup di Sangkar Kecil
Melatih hidup di Sangkar Kecil

Burung kacer memang merupakan hewan yang hidup di habitat luas yaitu alam liar. Untuk kebutuhan manusia, burung ini ditangkap dan dijadikan peliharaan.

Pada awalnya, burung kacer akan merasa stress dan panik. Burung ini akan berterbangankesana kemari mencoba lari dari sangkarnya,

Oleh sebab itulah Anda harus mulai mengajarkan burung ini untuk hidup di dalam sangkar. Awalilah dengan menggunakan sangkar yang kecil.

Burung kacer akan berusaha beradaptasi dengan tempat tinggalnya yang baru. Setelah ia dirasa bisa tenang dalam sangkar kecil, Anda dapat memindahkannya ke dalam sangkar yang lebih besar.

Hal ini juga akan menjadi cara menjinakkan kacer yang cukup ampuh.

6. Melatih Bermain Dengan Tangan

Cara Menjinakkan dengan Berlatih dengan Tangan
Cara Menjinakkan dengan Berlatih dengan Tangan

Pada awalnya, agak sedikit sudah untuk menyentuh burung kacer dengan tangan. Ia akan bergerak-gerak menghindari Anda dengan berterbangan di dalam sangkar.

Agar lebih mudah menangkapnya, Anda bisa menyirami atau menyemprotnya dengan air. Lakukan dengan halus agar burung kacer tidak kaget dan stress.

Dalam kondisi yang basah, Anda bisa menyentuh burung kacer dan mengajaknya bermain. Lakukan atau berikan elusan di seluruh bagian tubuhnya.

Burung kacer akan mengerti kasih sayang yang anda berikan terhadapnya. Cara menjinakkan kacer seperti ini juga cukup cepat jika burung kacer Anda benar-benar baru ditangkap dari alam liar.

Anda bisa bermain-main menggunakan tangan. Mengajak burung kacer untuk berinteraksi dengan Anda dan sekitarnya. Dengan demikian, burung kacer akan lebih cepat untuk beradaptasi dengan Anda.

7. Melatih Bermain di Lantai

Bermain diluar Kandang
Bermain diluar Kandang

Burung kacer pada dasarnya merupakan burung yang penurut. Jika Anda telah berhasil menjinakkannya, burung kacer akan sangat menyenangkan apabila diajak bermain.

Suaranya yang khas dengan irama nada yang unik begitu merdu untuk didengarkan. Cara menjinakkan kacer yang satu ini terbilang sedikit beresiko yaitu dengan cara mengajaknya bermain di lantai.

Burung kacer yang baru saja ditangkap, rawan mengalami rasa stress. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba untuk mengajaknya bermain-main di lantai.

Ajarkan dia untuk santai dan berjalan-jalan. Lambat laun burung kacer akan merasa rileks dan menyadari kehadiran Anda.

8. Memanggilnya Dengan Nama atau Sebutan

Cara Menjinakkan dengan Memberi Sebutan Nama
Cara Menjinakkan dengan Memberi Sebutan Nama

Burung kacer layaknya hewan peliharaan yang lainnya seperti anjing, kucing atau kura-kura. Burung ini juga bisa merasakan kasih sayang dan perhatian yang Anda berikan.

Makanan, minuman, tempat tinggal, perhatian dan waktu yang dicurahkan terhadap burung ini bisa dirasakannya. Termasuk juga pemberian nama.

Jika Anda mengeluarkan burung kacer di pagi hari, menjemurnya di bawah sinar matahari dan memandikannya agar bersih, jangan lupa untuk selalu memanggil dan menyebut namanya.

Memberikan nama mungkin terdengar sebagai cara menjinakkan kacer yang aneh. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa perhatian yang diberikan pada hewan peliharaan, dapat menciptakan ikatan emosional tertentu antara pemilik dan peliharaan.

Memelihara burung kacer yang bersuara indah, unik dan khas merupakan satu kebanggaan tersendiri. Apalagi jika dia bisa memenangkan perlombaan antar burung.

Namun untuk memiliki burung yang bersuara tersebut, Anda harus melalui banyak usaha dan perjuangan. Salah satunya adalah cara menjinakkan kacer yang harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Jika cara yang Anda lakukan salah, bisa jadi burung kacer tidak akan mampu mengeluarkan suara yang indah. Itulah beberapa tips yang bisa Anda pelajari dan ikuti. Semoga berhasil.

Leave a Reply