Membasmi Hama Wereng

Penyebab dan Cara Membasmi Hama Wereng pada Tanaman Padi

Cara membasmi hama wereng | Salah satu musuh petani adalah serangan hama. Hama yang sering menyerang tanaman khususnya padi adalah hama wereng. Hama wereng merupakan sejenis serangga yang mirip seperti kepik. Hama wereng akan mengisap cairan penting pada tanaman padi. Serangga ini akan menyerang tanaman padi yang sudah mulai berisi.

Penyebaran hama jenis ini pun tergolong sangat cepat sehingga membuat petani kewalahan untuk membasminya. Akibatnya, hasil panen yang diperoleh petani akan berkurang bahkan bisa saja terancam gagal panen. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian hama yang tepat oleh petani sebagai salah satu cara mengatasi hama wereng.

Penyebab Munculnya Hama Wereng untuk Mengetahui Cara Mengatasi Hama Wereng

Hama wereng merupakan salah satu musuh terbesar bagi petani. Jika tanaman padi terjangkit hama wereng ini maka akan mengurangi hasil panen yang didapat. Bahkan ada beberapa kasus yang membuat sebagian petani gagal panen karena serangan hama ini.

Penyebab Munculnya Hama Wereng
Penyebab Munculnya Hama Wereng

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui secara pasti penyebab munculnya hama ini untuk menentukan cara mengatasi hama wereng. Beberapa penyebab munculnya hama wereng pada lahan petani antara lain:

  • Petani menanam jenis tanaman padi yang tidak memiliki ketahanan yang kuat terhadap hama wereng secara serempak
  • Penanaman padi yang terlalu dekat dan tidak berjarak dapat meningkatkan penyebaran hama wereng secara cepat
  • Pola tanaman yang itu-itu saja dan tidak digilir dengan jenis tanaman lain
  • Penggunaan jenis varietas tanaman yang sama secara terus menerus
  • Penggunaan insektisida yang salah, sehingga membuat hama wereng berevolusi menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap insektisida
  • Populasi pemangsa hama wereng berkurang sehingga populasi hama wereng semakin tak terkendali
  • Kurangnya penyuluhan dari pihak PPL mengenai hama wereng dan cara mencegahnya

Yang perlu diketahui juga bahwa hama wereng merupakan jenis serangga yang memiliki kemampuan berkembang biak secara cepat dan mudah menemukan lahan yang strategis untuk ditinggali.

Selain itu, hama wereng merupakan jenis hama yang sangat mudah beradaptasi dengan keadaan di sekitarnya dan bisa juga melemahkan kinerja dari insektisida yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan cara membasmi hama wereng yang tepat agar tanaman Anda aman dari serangan hama berbahaya ini.

Ketahui juga : Cara Membasmi Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Kedelai

Cara Membasmi Hama Wereng yang Harus Diketahui Oleh Petani

Cara Petani Membasmi Hama Wereng

Hama wereng merupakan jenis hama yang menjadi salah satu musuh terbesar bagi petani. Jika tidak ditangani dengan serius, maka populasi hama ini akan menjadi sangat besar dan akan sangat merugikan bagi pihak petani.

Ketika perkembangan dan serangan hama wereng menjadi tidak terkendali bukan tidak mungkin petani akan mengalami gagal panen karena tanaman padi menjadi rusak. Oleh karena itu sejak awal para petani harus sudah tahu cara membasmi hama wereng pada tanamannya sendiri agar hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tidak akan terjadi.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mencegah dan mengatasi perkembangan hama wereng pada tanaman. Beberapa cara membasmi hama wereng yang bisa dijadikan strategi pengendalian hama wereng antara lain:

1. Mengatur Pola Penanaman

Salah satu cara mengatur pola penanaman adalah dengan menanam padi secara serentak. Penanaman secara serentak disini adalah cara menanam padi dalam waktu yang bersamaan antara satu petani dengan petani lainnya.

Usahakan jarak waktu penanaman padi antara satu petani dan petani lain maksimal adalah 2 minggu. Fungsi dari pengaturan pola waktu penanaman ini adalah untuk memutus ketersediaan makanan bagi hama wereng.

Ketika sedang tidak ada masa penanaman maka hama wereng tidak akan memperoleh makanannya. Karena tidak memperoleh makanan, maka hama ini akan mencari lahan lain yang masih dalam masa perawatan.

Jika penanaman dilakukan secara serentak, maka masa tidak ada tanaman pun akan berlangsung secara serentak, akibatnya hama wereng tidak akan menemukan tempat untuk mencari makan. Tentu saja hal ini akan sangat ampuh untuk menurunkan populasi hama ini.

2. Menggunakan Jenis atau Varietas Tanaman yang Kebal Hama

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai cara membasmi hama wereng adalah dengan menggunakan jenis tanaman yang kebal hama. Biasanya varietas atau jenis tanaman ini akan kebal akan serangan hama wereng. Jika varietas tanaman jenis ini ditanam maka akan menimbulkan resiko serangan hama.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena hama wereng merupakan jenis hama yang beradaptasi dengan jenis varietas baru. Sehingga diperlukan langkah lainnya agar tanaman Anda bisa benar-benar bebas dari serangan hama jenis ini.

3. Menjaga Kebersihan Daerah Tanam

Menjaga Kebersihan Daerah Tanam
Menjaga Kebersihan Daerah Tanam

Selalu jaga kebersihan dari lahan pertanian dari jenis gulma apapun yang bisa mendatangkan hama wereng. Lakukan penyiangan tanaman padi secara rutin agar kebersihan lahan pertanian dapat terjaga.

Selain itu, ketika menyiangi tanaman padi kita bisa mengontrol apakah tanaman padi terserang hama wereng atau tidak. Pencegahan secara dini dapat mengurangi bahkan menghilangkan populasi hama wereng pada lahan Anda.

4. Jangan Membuang Jerami Padi yang Terserang Hama Wereng di Sekitar Lahan yang Belum Dipanen

Tentu saja tindakan membuang jerami padi yang sebelumnya terserang hama di daerah ataupun di dekat lahan padi yang masih dalam proses pertumbuhan itu sangat tidak diperbolehkan. Biasanya pada jerami-jerami padi tersebut masih terdapat hama wereng yang masih menempel dan bersarang.

Dengan membuang atau meletakkan jerami itu di sekitar tanaman padi lainnya akan menyebabkan hama tersebut menular ke tanaman yang belum terinfeksi. Salah satu cara untuk mencegah hal itu adalah dengan membakar jerami-jerami tersebut agar hama wereng tidak menyebar kemana-mana.

5. Melestarikan Predator Hama Wereng

Salah satu cara mencegah hama wereng adalah dengan melestarikan predator dari hama wereng. Nantinya predator ini akan memangsa hama-hama wereng yang ada di lahan pertanian Anda.

Jika Anda menemukan laba-laba, belalang ataupun predator hama wereng lainnya, maka biarkan saja dan jangan dibunuh. Dengan adanya makhluk-makhluk ini di lahan pertanian Anda diharapkan dapat mengurangi populasi dari hama wereng.

6. Menangkap Hama

Cara mencegah hama wereng lainnya adalah dengan menangkap hama-hama wereng tersebut. Anda dapat menangkap hama ini dengan langsung menggunakan tangan sendiri ataupun dengan menggunakan bantuan alat. Alat yang digunakan biasanya adalah perangkap lampu yang dipasang pada malam hari.

Baca juga : Cara Membasmi Hama Embuh Sawah

7. Menggunakan Insektisida

Membasmi Hama Wereng Dengan Insektisida
Membasmi Hama Wereng Dengan Insektisida

Cara mencegah hama wereng yang terakhir adalah dengan menggunakan insektisida. Cara ini biasanya dipilih ketika populasi dari hama wereng di lahan Anda sudah lumayan banyak dan nyaris mengkhawatirkan. Penggunaan insektisida dapat dilakukan apabila Anda sudah menemui hama wereng sejumlah 10 ekor atau lebih pada satu rumpun tanaman padi.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain dosis insektisida, konsentrasi yang digunakan, waktu penyemprotan, tempat penyemprotan dan sasaran penyemprotan. Hal ini dilakukan agar penggunaan insektisida menjadi tepat sasaran.

Demikianlah beberapa cara mencegah hama wereng yang bisa diterapkan. Semoga berguna bagi Anda yang kesulitan untuk membasmi wabah hama yang satu ini.

Leave a Reply