Hama Lalat Buah

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah di Kebun yang Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi hama lalat buah | Lalat buah merupakan salah satu jenis serangga yang sering menjadi patogen tanaman sayur dan buah. Biasanya lalat buah sering menyerang pada musim awal penghujan.

Ketika musim hujan situasi tanah dan udara menjadi lembab serta sinar matahari lebih sedikit. Pada kondisi demikian lalat buah lebih mudah berkembang biak. Sayuran dan buah yang belum siap dipanen cepat membusuk ketika diserang lalat buah sehingga diperlukan cara mengatasi hama lalat buah yang efektif.

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah yang Berkembang pada Tumbuhan Inang

Cara mengatasi hama lalat buah perlu dilakukan pada tumbuhan inang tempat lalat buah berkembang biak. Contoh tumbuhan inang jenis sayuran tempat lalat buah berkembang biak antara lain cabai, timun, pare dan tomat. Contoh tanaman inang jenis buah misalnya mangga, belimbing dan melon.

Biasanya lalat buah memilih tumbuhan inang yang berada dalam satu musim tanam. Bila tumbuhan inang sedang tidak berbuah, lalat buah akan tetap dengan menyerang tanaman yang lain. Karena perkembangbiakan lalat buah cepat dan menetap pada tumbuhan inang maka lalat buah tergolong hama yang sulit untuk dibasmi.

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah agar Tidak Merugikan

busuk karena hama lalat buah
busuk karena hama lalat buah

Lalat buah membuat buah dan sayur cepat membusuk sebelum dipanen. Tanda buah dan sayur yang diserang hama lalat buah biasanya terdapat lubang kecil dan warna coklat pada kulit buah serta daging buah yang membusuk.

Proses lalat buah dalam menyerang buah dan sayur termasuk cepat. Dalam waktu yang singkat lalat bisa bertelur dengan jumlah ratusan. Apabila tidak memahami cara mengatasi hama lalat buah serta tidak mempraktekannya secara rutin, Anda bisa rugi karena banyak buah dan sayur membusuk diserang lalat buah.

Baca juga : Cara Membasmi Hama Wereng Padi Di Sawah, Tips Ampuh!

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah di Kebun Anda

Cara Mengatasi Hama Lalat Buah
Cara Mengatasi Hama Lalat Buah

Cara mengatasi hama lalat buah berikut ini dapat dipraktekkan sendiri di kebun Anda. Beberapa cara dapat dilakukan hanya untuk membasmi lalat di tanaman buah serta beberapa cara lain bisa diterapkan di tanaman buah maupun tanaman sayur. Cara-cara berikut dapat dilakukan bersamaan untuk memberantas lalat buah dengan efektif dan maksimal.

1. Mengenali Tanda Awal Hama Lalat Buah

Cara mengatasi hama lalat buah yang perlu dilakukan pertama kali yaitu mengenali adanya hama lalat buah di kebun atau tanaman Anda. Lalat buah berkembang biak menggunakan daur hidup dimulai dari fase telur, larva (belatung), pupa kemudian menjadi lalat buah dewasa.

Lalat buah berkembang biak di tumbuhan inang dengan cara menyuntikkan telur ke dalam buah. Setelah disuntikkan telur berkembang menjadi belatung di dalam daging buah. Anda dapat mengenali serangan lalat buah dari penampakan kulit buah, apakah terdapat lubang kecil suntikan pada kulit buah atau tidak.

Lubang suntikkan ini akan meluas yang ditandai dengan warna kecoklatan pada buah, serta di dalam daging buah terdapat belatung yang mengakibatkan buah membusuk. Deteksi awal penting dilakukan karena dapat mencegah kerugian panen. Biasanya kerugian panen berasal dari serangan larva yang meluas tanpa dikenali sejak awal.

2. Memilih dan Memisahkan Buah yang Baik dan yang Busuk

Memisahkan Buah yang Busuk
Memisahkan Buah yang Busuk

Cara mengatasi hama lalat buah selanjutnya adalah bila terdapat buah yang busuk, pisahkan buah yang busuk dari buah yang masih baik pada tumbuhan. Hal tersebut perlu dilakukan supaya lalat buah tidak berkembang lebih banyak di pohon inang. Buah yang busuk harus dipetik kemudian segera dibuang di tempat yang jauh dari kebun atau bisa juga dibakar.

3. Membungkus Buah

Buah yang berada dalam kondisi baik dan belum diserang lalat buah dapat dibungkus menggunakan kertas koran, kertas semen, kertas karbon atau plastik warna gelap. Kertas atau plastik pembungkus diberi lubang supaya ada sirkulasi udara sehingga buah tidak busuk.

Membungkus Buah
Membungkus Buah

Waktu dimulainya pembungkusan bergantung pada jenis buah, misalnya belimbing bagus bila dibungkus sejak buah kecil sedangkan mangga lebih baik dibungkus bila buah hampir matang. Pembungkusan buah tidak dapat digunakan pada tanaman holtikultura.

4. Pestisida

Pestisida dapat digunakan untuk memutus rantai daur hidup lalat buah. Caranya cukup mudah yaitu pestisida disemprotkan pada tanaman. Keuntungan menggunakan pestisida yaitu sangat ampuh membunuh lalat buah dewasa maupun telurnya. Hal yang perlu diperhatikan yaitu gunakan pestisida dengan dosis yang cukup sesuai usia dan jenis tanaman.

5. Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi hama lalat buah menggunakan bahan alami yaitu dapat menggunakan musuh alami lalat buah. Musuh alami lalat buah yaitu serangga seperti semut, laba-laba serta kumbang.

Anda juga dapat memanfaatkan tanaman pengusir lalat buah misalnya tanaman selasih untuk perangkap alami. Tanaman selasih digoyangkan agar lalat buah datang mendekat. Setelah lalat buah berkumpul tangkap lalat buah dengan jaring kemudian lalat buah dimusnahkan.

6. Pengasapan

Pengasapan merupakan cara mengatasi hama lalat buah pada tanaman buah. Pengasapan merupakan cara yang dapat dipraktekkan secara rutin untuk membasmi maupun mencegah lalat buah menyerang. Caranya dengan membakar daun-daun atau jerami kering sampai menjadi bara.

Setelah menjadi bara, api dimatikan kemudian bara ditutup sehingga muncul asap. Pengasapan yang lama membuat lalat buah mati dan memutus rantai daur hidup. Pembakaran baik dilakukan tiga hari sekali sejak awal buah terbentuk hingga seminggu sebelum buah dipanen. Pembakaran tidak bisa dilakukan pada lahan yang luas dan tidak bisa dilakukan pada tanaman holtikultura.

7. Membuat Perangkap

Perangkap lalat buah dapat dibuat dengan daun selasih. Daun selasih 20 lembar diremas kemudian dibungkus kain strimin dan ditempatkan pada perangkap. Perangkap lalat buah bisa menggunakan botol bekas air mineral yang diberi lubang-lubang.

Membuat Perangkap Lalat Buah
Membuat Perangkap Lalat Buah

Disarankan membuat perangkap dengan warna kuning untuk memikat lalat buah datang. Perangkap dapat digantung di area agak jauh dari tanaman. Penggantian isi perangkap perlu dilakukan secara berkala. Perangkap selasih juga dapat ditambah lem perekat lalat buah.

8. Sanitasi Lahan

Sanitasi lahan merupakan cara mengatasi hama lalat buah yang perlu dilakukan bila lalat buah sudah menyerang dengan parah. Caranya yaitu kumpulkan semua buah yang busuk. Buah yang busuk kemudian dikubur. Selain dikubur buah yang busuk baik juga bila dibakar. Pembakaran buah busuk dilakukan untuk mencegah larva melanjutkan daur hidup.

Baca juga : Cara Memerangi Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Kedelai

9. Membersihkan Gulma dengan Rutin

Lalat buah menyukai tempat yang lembab untuk hidup. Gulma yang tumbuh membuat kebun menjadi lembab bahkan bisa digunakan untuk berkembangnya pupa lalat buah. Membersihkan gulma serta mencacah tanah perlu dilakukan secara rutin agar pupa lalat mati terkena sinar matahari.

Demikian beberapa cara mengatasi hama lalat buah untuk tanaman di kebun Anda. Memang diperlukan ketelitian dan perhatian khusus dalam mengendalikan hama lalat buah karena perkembangbiakannya yang sangat cepat. Anda dapat mencoba beberapa cara diatas untuk mengusir lalat buah sampai tuntas sehingga hasil panen lebih maksimal.

Leave a Reply