cara mengatasi hama tikus sawah

Cara Mengatasi Hama Tikus dengan Mudah [ Si Perusak Tanaman Petani ]

Cara Mengatasi Hama Tikus | Hama tikus pastilah dianggap sangat merugikan bagi banyak orang. Hama tikus dapat menyebabkan kerugian dan kerusakan yang sangat besar dalam berbagai bidang.

Tentunya cara mengatasi hama tikus merupakan hal yang akan dilakukan sebagian besar orang untuk membasmi hama tikus yang menyerang. Mengingat perkembangbiakan tikus sangat cepat dalam waktu singkat.

Hama Tikus
Hama Tikus

Cara Mengatasi Hama Tikus di Rumah

Bagi manusia, tentunya hama tikus sungguh sangat merugikan dan memang dapat merusak apa yang ditinggalinya. Berikut cara mengatasi hama tikus yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah:

1. Basmi Tikus Dengan Predator Aslinya

Kucing

Kucing

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu kerepotan menangani hama tikus, cara ini dapat menjadi alternatif terbaik yang dapat dilakukan. Predator alami tikus adalah kucing.

Anda dapat mengatasi hama tikus ini dengan memelihara kucing atau memasukkan kucing ke dalam rumah yang dirasa ada tikus disana.

2. Gunakan Jebakan Tikus

Ada banyak jenis pilihan jebakan tikus yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hama tikus. Anda bisa membeli jebakan di toko atau membuatnya sendiri dengan peralatan yang sederhana.

Seperti dari botol bekas air mineral, dari pipa paralon, ember berisi air, dan dari kawat yang dibentuk sedemikian rupa untuk menangkap tikus.

Cara mengatasi hama tikus dengan jebakan ini dinilai cukup efektif oleh sebagian besar orang. Namun, juga tergantung kemampuan orang tersebut menciptakan jebakan yang dapat berfungsi dengan baik.

Jika menggunakan jebakan, Anda hanya cukup menyediakan umpan dan menunggu hingga tikus datang dan terperangkap di jebakan.

Perangkap Tikus
Perangkap Tikus

Jebakan tikus yang mudah dibuat salah satunya adalah yang berasal dari ember yang diisi  dengan air. Langkahnya adalah siapkan ember dengan air, lubangi sedikit pada bagian samping ember yang nantinya akan diberi karton roll tempat umpan.

Isi ember dengan air sampai seperempat bagiannya. Pasang karton rollnya di tempat yang tepat.

Setelah itu, berilah umpan pada karton rollnya, lalu tunggu hingga tikus datang. Tikus akan berjalan diatas karton roll, lalu roll akan berputar dan menyebabkan tikus tergelincir.

Setelah itu, tikus akan terjatuh kedalam ember berisi air hingga tikus tenggelam dan tidak bisa menyelamatkan dirinya, lalu akhirnya mati.

3. Gunakan Lem Atau Racun Tikus

Jika menggunakan lem tikus, Anda harus siap melihat tikus yang bergerak-gerak menyelamatkan diri dan terkadang masih hidup.

Hati-hati menggunakan lem tikus ini, karena selain sangat lengket, lem ini juga kadang berwarna hitam gelap dan susah hilang jika sudah menempel di suatu tempat.

Racun Tikus
Racun Tikus

Penggunaan racun tikus juga efektif. Tapi dapat menyebabkan bangkai tikus mati berceceran dimana-mana dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Karena tidak ada yang tahu kapan tikus tersebut mati setelah diracun walaupun sudah ditentukan kisaran waktunya. Namun, kini juga ada racun tikus yang membuat tikus mati kering.

4. Gunakan Pengusir Tikus Ultrasonik

Cara kerja alat ini adalah dengan memancarkan gelombang ultrasonik yang dapat membuat tikus tidak nyaman dan akhirnya pergi dari rumah Anda.

Alat ini awalnya tidak banyak dijual di Indonesia, namun sekarang Anda sudah dapat memilikinya. Ini adalah terobosan baru cara mengatasi hama tikus dengan metode yang sudah modern.

5. Gunakan Pengusir Hama Tikus Alami

Bubuk kopi
Bubuk kopi

Tumbuhan yang dapat mengusir tikus ada banyak sekali jenisnya. Dari beberapa cara diatas, cara mengatasi hama tikus dengan cara alami ini dinilai lebih efisien dan murah.

Jenis-jenis tanamannya adalah seperti daun mint, bawang putih, kayu putih, dan kopi. Karena tikus tidak suka bau-bau menyengat. Anda harus meletakkannya di jalan yang dilewati tikus biasannya.

Cara Mengatasi Hama Tikus di Sawah

Tikus adalah hewan yang berpotensi tinggi dalam menyumbang kerusakan tanaman padi di sawah. Hal ini perlu diawasi dengan ketat karena dapat berpengaruh terhadap hasil tanaman yang akan dipanen.

Para petani sendiri sudah melakukan banyak upaya untuk memberantas tikus mulai dari cara kontak langsung, sanitasi, teknik kultur, hayati dan kimia. Tetapi hal tersebut belum maksimal dalam cara mengatasi hama tikus.

Tikus Sawah
Tikus Sawah

Umumnya tikus sawah bertempat tinggal di sekitar persawahan. Tikus ini juga berkembang biak dengan sangat cepat sehingga para petani sedikit sulit untuk membasmi hama tersebut.

Dalam satu tahun, satu populasi tikus dapat berkembang menjadi 1.200 ekor. Hal ini dapat disimpulkan bahwa betapa pesatnya perkembangan hama ini dalam satu tahun.

Selain itu, habitat dan ketersediaan pangan juga menjadi pertimbangan bagi pesatnya perkembangbiakan tikus. Berikut beberapa cara mengatasi hama tikus di sawah dengan benar adalah:

1. Menangkap Tikus Dengan Linier Trap Barrier System atau LTBS

Linier Trap Barrier System
Linier Trap Barrier System

Konsep Linier Trap Barrier System atau disebut LTBS adalah bentuk konsep menangkap tikus dengan bentangan pagar plastik atau terpal setinggi 50 meter, posisi tegak dengan tongkat bambu diberi jarak 1 meter.

Bubu perangkap dipasang setiap 20 meter diberi pintu masuk dengan bentuk yang berseling-seling di area yang Anda curigai. Biasanya LTBS ini dipasang saat musim dimana tikus tersebut lebih sering muncul.

2. Mengusir Tikus Dengan Buah Durian

Buah Durian
Buah Durian

Cara mengatasi hama tikus di sawah ternyata juga bisa menggunakan kulit durian. Cara ini  digunakan oleh banyak petani sawah. Caranya sangatlah mudah, pertama Anda hanya perlu buah durian yang sudah matang dan berbau menyengat.

Kemudian kupaslah buah tersebut hingga kulitnya saja yang dipakai. Kulit tersebut tinggal Anda taruh di tempat yang paling banyak hama tikusnya. Selain itu, durinya juga berfungsi sebagai pengusir hama tikus.

3. Membunuh Hama Tikus Menggunakan Burung Hantu

Predator Alam
Predator Alam

Cara mengatasi hama tikus yang lainnya adalah menggunakan hewan predator atau pemangsa dari hewan tersebut seperti burung hantu. Burung hantu adalah musuh alami bagi tikus.

Selain itu, kedua hewan ini sama-sama aktif di malam hari. Hal ini sangat efektif bagi para petani karena juga sudah dibuktikan oleh petani dari Demak yang tiap malamnya melepas burung hantu sebanyak 400 ekor. Pembasmian hama tikus ini juga berlaku pada hama wereng.

4. Buah Mengkudu Bagi Hama Tikus

Mengkudu
Mengkudu

Buah mengkudu juga sangat efektif dalam mengusir hama tikus. Yang dapat Anda lakukan adalah mengupas buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian yang rata lalu letakkan di tempat yang paling rawan dilewati oleh hama tikus tersebut.

Karena bau busuk yang khas dari buah mengkudu ini, pastinya dapat mengusir tikus secara alami.

5. Buah Kolang – Kaling Yang Efektif

Buah Kolang-Kaling
Buah Kolang-Kaling

Kolang kaling adalah cara terakhir yang paling efektif dalam mengusir hama tikus. Anda tinggal mengupas dan menumbuk buah tersebut, kemudian diletakan di tempat yang sering dilewati oleh tikus.

Buah ini dapat membuat reaksi gatal-gatal bagi yang menyentuhnya sehingga juga efektif dalam menghalau hama tikus.

Dalam beberapa kasus, hama tikus mampu merusak infrastruktur, seperti menggerogoti kayu pada sebuah bangunan atau rumah, merusak puluhan hektar tanaman padi atau tanaman lain yang telah ditanam petani sehingga menyebabkan kegagalan panen dan kerugian besar.

Maka dari itu, pembasmian hama tikus sangatlah penting baik di rumah maupun di sawah. Pastikan Anda mengikuti cara mengatasi hama tikus diatas dengan benar agar kegiatan pembasmian yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar.

Leave a Reply