MOL Bonggol Pisang

Cara Membuat MOL Bonggol Pisang dan Manfaatnya Untuk Pemupukan Tanaman

Mol Bonggol Pisang | Tanaman pisang merupakan tanaman yang terkenal bisa hidup di berbagai jenis tanah. Inilah yang menjadi alasan utama banyak masyarakat lebih memilih menanam pisang karena mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan.

Tanaman pisang itu seperti pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan semua bagian tanaman mulai dari daun, bunga, hingga batang. Lalu pasti muncul pertanyaan,

Bagaimana dengan bagian bonggol pisang? Apakah bagian ini juga bisa dimanfaatkan?

Pada kenyataannya bonggol tersebut bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan MOL yang sangat bagus untuk tanaman dan kesuburan tanah.

Cara Mengubah Bonggol Pisang Menjadi MOL

Bonggol pisang bisa dimanfaatkan menjadi MOL atau lebih dikenal sebagai Mikro Organisme Lokal. MOL digunakan sebagai pupuk untuk padi atau menjadi bahan decomposer yang sangat baik dan efektif.

MOL dari bonggol ini mengandung mikroorganisme seperti bacillus, azotobacter, azospirilium, aerpmonas, mikroba phopat, dan mikroba selulotik yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dan tanah.

Bahan  untuk membuatnya juga sangat mudah didapat dan biayanya sangat murah. Anda harus menyiapkan dahulu bonggol tanaman pisang, air beras, dan gula merah. Cara membuat MOL adalah sebagai berikut.

  • Potong Bonggol Pisang

Potong Mol Bonggol Pisang
Sumber : jejakpenyuluh.blogspot.com

Langkah awal dalam pembuatan MOL adalah memotong-motong bonggol pisang menjadi kecil. Iris bonggol hingga menjadi bagian sangat kecil. Jika sudah diiris kecil, kemudian tumbuk hingga halus bonggol.

Tumbuk menggunakan lesung. Pastikan kalau bonggol benar-benar halus supaya proses pembuatan bisa maksimal dan hasilnya juga bagus. Kemudian sisihkan bahan tumbukan tersebut ke dalam wadah. Lebih baik gunakan drum supaya bisa muat banyak dan lebih kedap udara.

  • Beri Gula Merah

Beri Gula Merah Mol Bonggol Pisang
Sumber : jejakpenyuluh.blogspot.com

Selanjutnya iris halus gula merah. Jangan terlalu banyak mencampurkan gula merah. Gunakan sekitar 2 ons saja. Jika sudah, masukkan irisan gula merah ke dalam air cucian beras.

Aduk-aduk terus air supaya tercampur jadi satu. Air cucian beras yang dibutuhkan sekitar 2 liter. Jika sudah larut, campurkan air gula dan cucian beras ke dalam wadah berisi tumbukkan bonggol.

  • Tutup dan Diamkan

Tutup semua bahan tadi yang sudah dimasukkan ke drum dengan menggunakan plastik. Beri sedikit udara dengan menghubungkan botol bekas air minum kemasan yang sudah diberi air dengan selang plastik.

Diamkan semua bahan tadi. Jangan dibuka selama 15 hari. Jangan pernah membuuka plastik sebelum 15 hari karena bisa mengakibatkan kegagalan.

Cara Penggunaan MOL Bonggol Pisang

Penggunaan MOL tersebut juga sangat mudah. Tidak perlu repot dan kalaupun memerlukan bahan tambahan bahan tersebut juga sangat mudah untuk mendapatkannya.

Cara Penggunaan MOL Bonggol Pisang
Sumber : inspirasipertanian.com

Dengan memanfaatkan MOL bonggol pisang tanaman bisa tumbuh subuh dan Anda juga bisa membuat pupuk kompos sendiri di rumah. Berikut ini merupakan cara penggunaan MOL antara lain:

  • Pupuk Pada Tanaman

MOL juga sangat bermanfaat sebagai pupuk organik. Semua petani juga menyadari kalau pupuk organik mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan pupuk kimia baik dari segi kesehatan tanaman dan yang mengkonsumsinya. Cara menggunakan MOL bonggol pisang sebagai pupuk organik adalah Anda semprotkan saja MOL pada tanaman.

Perbandingan campuran MOL dengan air tawar adalah 14 liter air tawar dicampur dengan 400 cc MOL. Jika ingin menyemprotkan pada tanaman padi maka perhatikan fase tanaman.

Semprotkan pada masa vegetative hingga fase generative yaitu pada hari ke 10, 20, 35, dan 40. Semprotkan secara teratur di pagi atau sore hari. Jangan pernah menyemprotkan di siang hari karena hasilnya tidak akan maksimal. Hentikan pemakaian jika padi sudah mengeluarkan bunga.

  • Pengomposan

MOL dari bonggol pisang bisa digunakan sebagai bahan decomposer atau bahan pendukung pembuatan pupuk kompos. Cara membuatnya yaitu dengan cara mencampurkan MOL dengan air biasa. Komposisinya adalah 1 banding 5. Yang artinya 1 liter cairan MOL dicampur dengan 5 liter air biasa. Kemudian, berikan bahan tambahan berupa gula merah sebanyak 1 ons.

Aduk semua bahan tadi hingga merata. Langkah terakhir, Anda tinggal menyiramkan pada saat pembuatan pupuk kompos. Untuk membuat pupuk kompos dari jerami, campurkan 5 liter MOL dengan 1 ton jerami.

Apa Saja Manfaat MOL Bonggol Pisang Bagi Tanaman?

Pemakaian pupuk kimia memang lebih diminati oleh para petani jika dibandingkan dengan pupuk organik. Sebetulnya pemakaian pupuk kimia secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pupuk organik bisa menyebabkan kerusakan pada tanah.

Dengan alasan tersebutlah, dibutuhkan pupuk organik untuk membantu pertumbuhan tanaman dan menjaga kesuburan tanah. Adapun manfaat dari MOL bonggol pisang adalah sebagai berikut.

1. Mempercepat Proses Pengomposan

Mempercepat Proses Pengomposan
Mempercepat Proses Pengomposan

Manfaat pertama dari MOL bonggol pisang adalah dapat mempercepat proses penguraian dalam proses pembuatan pupuk organik. Bakteri yang terkandung dalam MOL bisa membuat cairan yang bisa digunakan sebagai pengganti decomposer layaknya EM4.

Dengan demikian biaya untuk pembuatan pupuk kompos jadi lebih murah dan efisien. Pembuatan pupuk kompos yang biasanya juga membutuhkan waktu satu bulan bisa dipersingkat lagi hanya menjadi 3 minggu.

2. Membantu Menyuburkan Tanah

Mol Pisang Membantu Menyuburkan Tanah
Mol Pisang Membantu Menyuburkan Tanah

MOL mempunyai fungsi yang sama seperti pupuk kompos yaitu untuk menyuburkan tanah. MOL memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanah sehingga kesuburan bisa tetap terjaga.

MOL mengandung berbagai zat yang dibutuhkan baik untuk tanah maupun tanaman. Hasil yang diberikan juga tidak kalah dengan menggunakan pupuk kimia. Tanaman yang diberi MOL hasilnya juga lebih bagus dari segi kualitas. Tentu saja, dengan mengkonsumsi tanaman yang diberi pupuk organik pasti lebih sehat bagi tubuh.

3. Dijadikan Pestisida Nabati

Mol Bonggo Pisang Sebagai Pestisida Nabati
Mol Bonggo Pisang Sebagai Pestisida Nabati

Manfaat lain dari MOL bonggol pisang adalah bisa dipakai sebagai pestisida atau pengusir hama nabati. MOL mampu mengusir hama yang mampu merusak tanaman tanpa merusak tanaman itu sendiri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menyemprotkan MOL pada tanaman secara teratur. Jika hawa yang merusak tanaman mampu diusir maka hasil panen juga bisa lebih bagus dan maksimal. Semprotkan pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membantu Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Membantu Mengatasi Pencemaran Lingkungan
Membantu Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Manfaat lain dari MOL adalah mampu mengatasi pencemaran lingkungan. MOL bonggol pisang bisa mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh bahan kimia.

Pupuk kimia yang dipakai secara terus menerus mampu merusak unsur hara dalam tanah. Jika unsur hara tersebut hilang maka tanah lambat laun bisa rusak dan kesuburannya hilang. Di samping itu, penggunaan pestisida juga memberikan pencemaran udara saat proses penyemprotan.

Dengan menggunakan MOL, Anda bisa mengatasi semua masalah itu. Dengan menggunakan MOL tanah dan udara tidak akan tercemar dan rusak. Kesuburan tanah juga terjaga dan pastinya udara tidak tercemar saat menyemprotkan MOL sebagai pestisida nabati.

Mulai sekarang jangan membuang begitu saja bonggol pisang yang ada di sekitar rumah. Manfaatkan bonggol menjadi bahan yang lebih berguna. Proses pembuatannya juga tidak sulit. Dengan memanfaatkannya menjadi MOL Anda sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Leave a Reply