Jenis Tanaman Toga

Kenali Jenis Tanaman Toga dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Jenis Tanaman Toga | Toga merupakan istilah yang tidak asing lagi di telinga. Toga atau tanaman obat keluarga adalah ragam tanaman yang dibudidayakan di rumah dan bermanfaat sebagai obat alami.

Biasanya, toga ditanam di pekarangan, di halaman, atau di kebun rumah. Pada dasarnya, tujuan penanaman toga adalah menumbuhkan kemandirian pada anggota keluarga melalui pemenuhan akan kebutuhan obat-obatan dengan cara membudidayakannya sendiri di rumah.

Dengan begitu, tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obat kimia karena bahan yang tersedia murni dari alam juga bisa mengobati penyakit. Jenis tanaman toga pun ada banyak dan bermacam-macam, tergantung bagian tumbuhan yang dimanfaatkan.

Contoh tanaman toga yang dimanfaatkan daunnya, misalnya tanaman bayam, kangkung dan sirih. Sementara tanaman yang dimanfaatkan batangnya, misalnya kayu manis dan jeruk nipis.

Tanaman Toga
Tanaman Toga

10 Jenis Tanaman Toga dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Dibandingkan dengan konsumsi obat-obat kimia, pemanfaatan berbagai jenis tanaman toga sebagai obat tradisional jelas lebih aman. Tanaman toga tidak memiliki efek samping meski dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Kalaupun ada efek samping, kadarnya sangat kecil dibandingkan obat yang berasal dari bahan kimia. Selain itu, Anda bisa meracik sendiri obat yang diperlukan, sehingga Anda dapat mengetahui secara persis kandungan-kandungan apa saja yang terdapat dalam obat nantinya.

Itulah mengapa toga lebih sehat dikonsumsi. Beberapa tanaman yang biasanya hanya dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata juga termasuk tanaman toga dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Jadi, apa saja ragam tanaman toga dan apa khasiatnya bagi kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Seledri

Jenis Tanaman Toga Seledri
Jenis Tanaman Toga Seledri

Siapa yang tidak kenal dengan jenis tanaman toga yang satu ini. Seledri terkenal banyak digunakan sebagai penyedap pada masakan.

Aroma wangi yang khas membuat seledri menjadi bahan andalan untuk menambah cita rasa masakan. Ternyata, selain sebagai pelengkap pada makanan, seledri juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Seledri memiliki kandungan zat besi, berbagai jenis vitamin dan mineral. Tanaman ini berkhasiat untuk meredakan perut kembung.

Selain itu, seledri juga bisa meningkatkan nafsu makan, cocok dijadikan ramuan alami penambah nafsu makan, khususnya bagi anak-anak yang biasanya sering mengalami gangguan nafsu makan.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Hampir sama seperti seledri, jeruk nipis juga banyak dikenal sebagai penyedap makanan. Aroma yang wangi dan rasa asamnya efektif untuk menambah cita rasa pada masakan.

Ditambah lagi, jeruk nipis juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata jeruk nipis juga termasuk jenis tanaman toga yang berkhasiat bagi tubuh.

Jeruk nipis dapat mengobati sakit tenggorokan, bahkan peradangan. Namun, tentu dengan konsumsi yang rutin dan teratur. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati batuk, flu dan demam.

3. Jahe

Jenis Tanaman Toga Jahe
Jenis Tanaman Toga Jahe

Rempah-rempah yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Selain manfaat utamanya sebagai bumbu dapur, jahe juga punya segudang manfaat lain bagi kesehatan.

Anda tentu tidak asing dengan minuman untuk mengobati mabuk kendaraan yang menambahkan jahe sebagai salah satu komposisinya. Selain itu, jahe juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak rentan terserang penyakit.

Kandungan senyawa gingerol pada jahe mempunyai sifat antioksidan sehingga efektif untuk memproteksi tubuh dari zat-zat yang memiliki kandungan oksidan tinggi.

Tidak hanya itu, jahe mengandung zat phenolic yang bermanfaat untuk membantu pergerakan makanan serta minuman saat berada di dalam organ pencernaan.

Dengan begitu, sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar. Itulah mengapa jahe termasuk jenis tanaman toga yang penting ditanam di rumah.

4. Bayam

Bayam
Bayam

Jenis tanaman toga berikutnya yang berkhasiat untuk kesehatan adalah bayam. Lebih akrab dijadikan berbagai olahan sayur, bayam ternyata juga termasuk tanaman toga yang bisa dijadikan obat alami.

Bayam merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi berperan untuk memproduksi sel darah merah.

Utamanya bagi kaum perempuan yang membutuhkan lebih banyak asupan zat besi saat menstruasi, mengonsumsi bayam bisa jadi solusinya.

Pada saat menstruasi, biasanya akan muncul gejala-gejala anemia yang ditandai dengan kepala pusing dan badan terasa lemah. Nah, bayam menjadi tanaman toga yang efektif untuk mengobati gejala-gejala anemia.

5. Kangkung

Kangkung
Kangkung

Ada kalanya, kekurangan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C mengakibatkan munculnya sariawan. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kangkung bisa menjadi obatnya.

Di samping itu, kangkung juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat pada kangkung efektif untuk melancarkan pencernaan dan proses metabolisme tubuh.

Sama seperti bayam pula, kangkung memiliki kandungan zat besi dan fosfor yang berguna untuk mengobati masalah anemia.

6. Daun Sirih

Daun Sirih
Daun Sirih

Jenis tanaman toga berikutnya yang berkhasiat untuk kesehatan adalah daun sirih. Sirih merupakan jenis tanaman yang tumbuh merambat. Kandungan paling dominan dalam sirih adalah air.

Sekitar 80% bagian dari daun sirih adalah air. Kandungan lainnya yaitu protein, vitamin A, vitamin B1 dan B2.

Sirih merupakan obat tradisional yang efektif untuk membantu proses penyembuhan pada luka. Hal ini karena sirih juga mempunyai kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri sekaligus sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

Dengan mengoleskan daun sirih pada bagian tubuh yang terluka, maka luka akan menjadi lebih cepat sembuh. Selain itu, daun sirih yang direbus dan diminum airnya juga efektif untuk mengobati batuk dan meredakan nyeri pada tubuh.

Sebagai obat batuk, Anda dapat memetik 5 lembar daun sirih, tambahkan air secukupnya, kemudian rebuslah selama kira-kira 20 menit.  Minumlah ramuan tradisional ini setidaknya 1 kali sehari.

7. Daun Kemangi

Daun Kemangi
Daun Kemangi

Kemangi biasanya dijadikan lalapan untuk pelengkap makanan. Namun, manfaat daun kemangi tidak habis sampai di situ saja. Kemangi juga termasuk jenis tanaman toga yang wajib ditanam di halaman rumah Anda.

Aroma wanginya yang khas sangat tidak disukai nyamuk, sehingga menjadi tumbuhan yang efektif untuk mencegah dan mengusir nyamuk yang masuk ke rumah. Bagi kesehatan, daun kemangi berkhasiat untuk mengobati influenza, diare dan perut kembung.

8. Kunyit

Kunyit
Kunyit

Salah satu rempah-rempah yang juga berkhasiat bagi kesehatan adalah kunyit. Jenis tanaman toga berwarna kuning ini dapat mengurangi mual. Kunyit mengandung zat phytochemical yang menghasilkan antioksidan.

Kemudian antioksidan ini akan melawan racun penyebab munculnya rasa mual. Jadi, mual yang dirasakan bisa berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga bermanfaat untuk meredakan diare.

Pada saat terserang diare, tubuh akan terus mengeluarkan cairan sehingga rawan terjadi dehidrasi. Nah, kunyit mengandung kalium dan magnesium yang dapat menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang banyak terkuras karena dehidrasi.

Berikutnya, kunyit juga menjadi ramuan tradisional yang ampuh untuk mengobati nyeri saat haid. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat memotong-motong kunyit sampai menjadi cukup tipis, kemudian rebuslah.

Campurkan air rebusan kunyit dengan asam jawa. Anda juga boleh menambahkan sedikit gula. Ramuan kunyit asam untuk meredakan nyeri haid siap dikonsumsi.

Jenis Tanaman Toga
Jenis Tanaman Toga

Demikianlah penjelasan tentang jenis tanaman toga dan khasiatnya bagi kesehatan. Sekarang, Anda bisa meracik obat alami sendiri dengan lebih murah dan aman tanpa efek samping.

Lahan di halaman depan rumah atau di pekarangan bisa menjadi lokasi yang tepat untuk menanam tanaman toga. Jadi, tunggu apa lagi. Segeralah membudidayakan tanaman toga di rumah bersama keluarga. Selamat mencoba!

Leave a Reply