Cara Panen

Teknik Dan Cara Ternak Bebek Petelur Agar Beromset Puluhan Juta

Cara Ternak Bebek Petelur | Apakah Anda pernah mengkonsumsi telur asin? Pasti Anda sudah tidak asing dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Tahukah Anda jika telor asin ini dibuat dari telur bebek.

Yap betul sekali, telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar dari telur ayam biasa, rasanya yang lebih gurih membuat banyak orang menyukai jenis telur yang satu ini.

Ternak Bebek Petelur
Ternak Bebek Petelur

Peminat telur bebek inipun tidak terbatas pada orang dewasa, banyak para ibu yang mulai memberikan telur ini pada anak-anak mereka karena kandungan gizinya lebih banyak dari telur ayam.

Dari gambaran diatas, mungkin Anda berminat untuk menjadi peternak bebek petelur? Berikut ini akan diulas mengenai cara ternak bebek petelur yang mudah dan cepat menghasilkan.

Sebelum mempelajari cara budidaya bebek petelur, sebaiknya Anda mengetahui apa sajakah keuntungan memelihara bebek petelur ini.

Selain dimanfaatkan untuk menghasilkan telur, daging bebek juga bisa diolah menjadi makanan yang nikmat dan bergizi. Daging dan telur bebek mempunyai karakteristik yang khas dan gurih.

Budidaya Bebek Petelur
Budidaya Bebek Petelur

Dalam telur bebek terkandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk meningkatkan perkembangan dan kesehatan otak anak, disamping itu kandungan proteinnya juga luar biasa tinggi.

Maka tidaklah heran jika banyak ibu-ibu yang memberikan telur bebek untuk menyeimbangkan gizi sang anak. Terkadang dimanfaatkan sebagai hobi, memelihara bebek bisa menjadi potensi penghasilan yang menjanjikan.

Tingginya kebutuhan dan permintaan pasar akan telur dan daging bebek menjadikan kegiatan ini dapat Anda manfaatkan sebagai ladang penghasilan. Bebek merupakan hewan ternak yang penurut serta mudah dipelihara. Berikut ini cara ternak bebek petelur yang bisa Anda pelajari.

Pembibitan Melalui Bebek yang Unggul

Indukan Bebek Unggul
Indukan Bebek Unggul

Ada beberapa macam bibit bebek petelur unggul yang biasa dipergunakan para peternak yaitu jenis bebek petelur tegal, bebek petelur alabio, bebek petelur khaki Campbell, bebek petelur bali, bebek petelur mojosari dan lain-lainnya. Setiap jenis bebek memiliki ciri dan kekhasan tersendiri.

Dalam beternak bebek petelur ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika memilih bibit bebek yaitu:

  1. Dapatkan telur tetas dari induk bebek yang sudah terjamin keunggulannya.
  2. Memelihara bebek jantan dan betina unggul lalu kemudian mendapatkan telur bebek yang nantinya akan dibantu pengeramannya oleh ayam, mentok atau mesin tetas.
  3. Membeli bibit bebek Day Of Duck (DOD) dari pembibitan yang sudah terstandard baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat.

Untuk pemula, sebaiknya Anda membeli bebek DOD karena dirasa lebih mudah dan praktis ketimbang Anda harus memelihara indukan bebek terlebih dahulu.

Cara Pembesaran Bebek Petelur

Pembesaran
Pembesaran

Bibit DOD yang baru menetas, memiliki cadangan makanan sehingga mereka bisa bertahan selama satu hari. Jika bebek DOD telah sampai di kandang, berilah jeda sekitar 30 menit agar bebek tersebut segera bisa menyesuaikan diri dengan kandang yang baru.

Baru setelah itu Anda dapat mulai memberikan makanan dan minuman. Cara memelihara bebek petelur terbilang mudah namun perlu perhatian yang lebih.

Karena bibit DOD ini rawan terkena penyakit, Anda harus selalu menjaga kondisi kandang agar tetap bersih. Pada awal proses pembesaran, Anda bisa menempatkan DOD pada kardus-kardus yang diberi penghangat.

Jangan lupa memberikan minuman secukupnya saja karena DOD yang aktif bisa saja tercebur ke air dan menjadi kedinginan yang dapat menyebabkan kematian. Setelah usia bebek mencapai 21 hari, barulah Anda bisa memindahkan ke kandang yang lebih besar.

Menyiapkan Kandang Bebek Sesuai Kapasitas

Kandang Bebek Petelur
Kandang Bebek Petelur

kandang bebek merupakan hal utama yang harus dipersiapkan sebagai bagian dari cara ternak bebek petelur. Perhatikan beberapa hal berikut ini ketika Anda mulai mempersiapkan kandang bebek:

  1. Kondisi kandang bebek harus nyaman, bersih, kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Buatlah kandang bebek sedikit terbuka karena bebek agak sensitif dengan kehadiran hewan lain yang mungkin lewat di sekitaran kandang mereka.
  2. Berikan ruang gerak bagi bebek yang cukup luas. Bebek tidak terlalu suka jika mereka hidup berdesakan karena akan mengakibatkan mereka stress dan panik, ukuran ideal untuk bebek adalah 1 meter persegi bisa dihuni oleh 2 bebek.
  3. Cara ternak bebek petelur yang baik adalah membuat tinggi kandang bebek setinggi tubuh Anda agar mempermudah ketika hendak memberikan makanan atau akan mengumpulkan telur.
  4. kandang bebek harus dalam kondisi yang terang sehingga bebek tidak mengalami kedinginan dan mempermudah Anda dalam mengawasi gerak-gerik bebek.
  5. Anda juga harus memperhatikan kondisi suhu kandang bebek Anda. Jangan sampai kandang bebek terasa lembab karena kurangnya sirkulasi udara. Bebek paling tidak harus mendapatkan sinar matahari untuk kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, jika memungkinkan, buatkah kandang Anda menghadap ke arah barat atau timur agar sinar matahari dapat masuk ke kandang dan menyinari bagian dalam kandang.

Cara Pemberian Pakan Bebek Petelur

Pakan Bebek Petelur
Pakan Bebek Petelur

Ada beberapa jenis pakan yang bisa Anda pelajari sebelum mulai usaha beternak bebek petelur ini, yaitu pakan konsentrat dan pakan alami berupa amisan.

Seperti yang Anda ketahui, banyak di toko-toko dijual konsentrat untuk pakan ternak bebek Anda. Akan tetapi, pakan konsentrat ini dirasa kurang bagus dalam hal pemenuhan gizinya, selain itu pakan ini terbilang mahal dan menghabiskan banyak biaya untuk Anda yang menekuni bisnis ternak bebek.

Dalam cara ternak bebek petelur ini disarankan untuk Anda menggunakan pakan alami berupa amisan. Pakan ini adalah pakan yang berasal dari hewan lainnya.

Pakan ini bisa berupa keong, ikan rucah atau ikan hasil sortiran yang tidak laku dijual namun masih dalam kondisi bagus, sisa atau limbah pemotongan ayam seperti usus, kulit ayam atau bagian lainnya yang sengaja dibuang dan tidak dikonsumsi, atau juga hewan-hewan kecil lainnya seperti cacing, kodok, kepiting yang tidak berbahaya jika dikonsumsi.

Cara Panen Telur Bebek

Cara Panen
Cara Panen

Memelihara dan merawat bebek petelur menjelang masa bertelur sangat penting. Masa tersebut dikenal dengan nama masa maes. Masa ini dimulai ketika bebek mulai bertelur untuk pertama kali hingga mencapai masa gugur bulu yang pertama.

Bebek pertama kali belajar bertelur pada usia 5,5 bulan sampai 6 bulan. Namun tidak semua bebek bertelur pada masa yang sama. Dari yang dapat Anda pelajari pada cara ternak bebek petelur, Anda tidak serta merta mendapatkan 100 telur dari 100 bebek yang Anda miliki.

Biasanya pada awalnya, sejumlah bebek itu hanya akan menghasilkan 30 telur per hari yang nantinya akan bertambah hingga 50-60 telur per hari. Semakin baik dan bergizi pakan yang Anda berikan, akan semakin mempengaruhi kualitas telur bebek yang dihasilkan.

Telur Bebek
Telur Bebek

Cukup mudah bukan cara ternak bebek petelur diatas? Jika Anda merasa bebek yang Anda sudah tidak produktif lagi, Anda dapat menjual bebek tersebut pada pedagang makanan yang akan dengan senang hati menerimanya.

Jadi, tidak hanya telurnya, daging bebek juga bisa menghasilkan pundi rupiah. Jika Anda mampu menciptakan kandang yang kondusif dan pakan yang sehat bergizi, bebek-bebek itu akan bertelur dan menghasilkan banyak uang untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply