Lakukan Penjarangan Buah

Cara Mudah Menanam Pepaya California

Menanam Pepaya California | Buah pepaya california banyak disukai karena memiliki warna yang cantik disertai dengan daging buah yang tebal dan terasa manis.Buah ini sendiri sudah banyak dijual dan memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi.

Cara Menanam Pepaya California
Cara Menanam Pepaya California

Seiring kepopulerannya pepaya california menarik perhatian banyak para petani buah untuk membudidayakannya. Ditambah lagi pepaya yang merupakan buah tropis membuatnya semakin mudah untuk ditanam di Indonesia.

Oleh karena itu bagi Anda yang punya lahan cukup luas maka dapat memanfaatkannya untuk ikut membudidayakan tanaman buah ini. Tertarik untuk belajar menanamnya dengan cara yang benar? Anda bisa mencontoh cara menanam pepaya california di bawah ini.

Pembibitan Pepaya California

Pembibitan Pepaya California
Pembibitan Pepaya California

Sama halnya dengan membudidayakan tanaman lainnya, pembibitan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam menentukan kelangsungan dari tumbuh kembang tanaman hingga masa panen tiba.

Cara budidaya pepaya california ini dilakukan sebagai pembiasaan atau adaptasi tanaman terhadap lingkungan barunya. Manfaat persemaian sendiri dapat mengoptimalkan pertumbuhan bibit pepaya sehingga memiliki cengkraman akar yang kuat dan mampu menerima nutrisi dengan baik.

1. Memilih Bibit

Dalam memilih bibit unggul selalu perhatikan kualitasnya, kualitas ini dapat Anda nilai dari buah yang Anda pilih. Pastikan bahwa buah tersebut berasal dari pohon yang sehat dan terbebas dari kecacatan.

Kriteria buah yang bagus sendiri memiliki warna yang cerah, atau bisa juga dinilai dari rasa buahnya yang manis dan berbau harum.

Cara menanam pepaya california untuk mengambil bijinya bisa Anda lakukan dengan membelah buah pepaya yang telah disiapkan, lalu ambil biji yang berada di posisi tengah.

Biji yang berada di posisi tengah cenderung memiliki kualitas yang bagus dan punya penyesuaian yang baik dengan tanah.

Setelah memilih biji tentunya harus diseleksi dulu sebelum melakukan penyemaian, Anda bisa merendamnya dalam air agar mengetahui biji pepaya yang bagus dan jelek.

Biji pepaya yang bagus akan tenggelam saat direndam dalam air, sedangkan biji pepaya yang tidak layak tanam akan mengambang.

2. Penyemaian

Cara Penyemaian
Cara Penyemaian

Cara menanam pepaya california selanjutnya adalah melakukan penyemaian, sebaiknya langkah ini dilakukan sesegera mungkin, supaya bibit tidak mengering dan dapat menyebabkannya mati.

Proses ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kompos yang dimasukkan dalam polybag berukuran kecil.

Tanam benih pepaya kurang lebih sedalam 1 – 1,5 cm dan letakkan di tempat yang sejuk serta tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sirami polybag ini sehari sekali untuk menjaga kelembapannya, dan jangan terlalu basah agar bibit tidak membusuk.

Kurang lebih dalam waktu satu minggu benih akan tumbuh menjadi tunas, dan untuk memindahkannya ke lahan tanam Anda harus menunggunya hingga memiliki tinggi kurang lebih 30 cm.

Penanaman Pepaya California

Penanaman Pepaya
Penanaman Pepaya

1. Menyiapkan Lahan Tanam

Kesuburan lahan tanam sangatlah penting bagi perkembangan tanaman Anda, maka dalam cara menanam pepaya california berikut ini akan dijelaskan bagaimana mempersiapkan lahan tanam yang bagus.

  • Pertama lakukan pencangkulan secara merata pada lahan yang akan Anda gunakan bertanam dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Lakukan pencangkulan secara berulang jika masih terdapat bongkahan tanah dan rumput yang menempel.
  • Setelah dilakukan pencangkulan Anda bisa menuju cara menanam pepaya california berikutnya, yaitu membuatkan bedengan. Bedengan ini dibuat dengan ketinggian kurang lebih 20 – 30 cm, dengan panjang dan lebar 2 – 2,5m. Jika terdapat lebih dari satu bedengan maka usahakan punya jarak 50 cm untuk masing-masing bedengan.
  • Setelah bedengan jadi buatlah lubang tanam sedalam 50 cm, dengan panjang dan lebar 50 cm. Kemudian biarkan lubang tersebut dalam keadaan terbuka selama satu minggu agar gas dan racun dari dalam tanah hilang dengan sendirinya. Tutup kembali tanah setelah satu minggu dengan memberikan campuran pupuk

2. Penanaman Bibit

Perlu diketahui bahwa tidak semua bibit dapat tumbuh dengan baik, maka dari itu sebelum dipindahkan ke lahan tanam Anda perlu memilihnya lagi. Bibit yang bagus sudah memiliki 4 helai daun berwarna hijau terang serta tidak pucat dan tinggi bibit minimal 30 – 40 cm.

  • Cara menanam pepaya california berikutnya, pilihlah bibit yang sehat dan tidak layu, serta sesuai dengan kriteria yang disebutkan tadi. Penanaman yang baik bisa dilakukan di pagi hari ataupun sore, karena sinar matahari sudah tidak terik dan memiliki suhu yang pas.
  • Pisahkan polybag dari tanaman dengan hati-hati agar bagian akar tidak rusak. Setelah itu tanamkan bibit tadi dengan menggali lagi lubang yang Anda persiapkan. Atur kedalaman 15 – 20 cm, kemudian untuk panjang dan lebarnya 10 cm dan tutupi dengan tanah hingga permukaan rata.
  • Apabila tanaman sudah tertancap dengan baik, selanjutnya lakukanlah penyiraman secukupnya.

Perawatan Tanaman

Perawatan Pepaya California
Perawatan Pepaya California

Setelah dipindahkan ke lahan tanam tentu saja tanaman harus tetap dirawat supaya dapat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas. Untuk merawatnya Anda bisa mengikuti cara merawat pepaya california di bawah ini.

1. Pengairan

Penyiraman secara rutin adalah hal yang sangat penting bagi tanaman,  penyiraman ini dapat Anda lakukan sebanyak dua kali sehari di pagi hari dan sore hari dengan jumlah air yang cukup.

Untuk masa awal tanam Anda bisa meningkatkan jumlahnya menjadi 3 kali sehari supaya akar tanaman tidak terlalu kering.

2. Pemupukan

Melakukan pemupukan pada tanaman juga tak kalah penting, karena pupuk ibaratnya adalah makanan sekaligus vitamin tambahan bagi tanaman.

Pupuk mengandung mineral dan unsur hara yang berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman serta menjaganya agar tetap sehat. Cara menanam pepaya california ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk pabrikan sesuai dosisnya.

Penjarangan Buah

Lakukan Penjarangan Buah
Lakukan Penjarangan Buah

Cara menanam pepaya california ini dilakukan supaya buah pada tanaman tidak terlalu banyak, selain itu dalam satu pohon yang ideal adalah memiliki 20 buah saja.

Sehingga buah yang dibiarkan memiliki pertumbuhan yang optimal dan ukuran yang sama besar. Penjarangan ini dilakukan saat bibit tanaman memasuki usia tiga bulan dengan membuang bunga yang tidak sempurna.

Cara melakukan penjarangan dalam budidaya pepaya california yakni dengan menyeleksi bunga yang jadi cikal bakal buah. Bunga yang bagus memiliki benang sari dan putik, sedangkan pada kasus lainnya terdapat bunga yang hanya memiliki putik atau disebut bunga betina.

Ada pula bunga jantan  bertangkai panjang yang hanya memiliki benang sari. Intinya selain bunga sempurna jenis lainnya harus Anda petik, supaya nutrisi yang disalurkan untuk buah lebih terfokus ke bunga sempurna.

Masa Panen

Masa Panen
Masa Panen

Pepaya california umumnya dapat dipanen hingga usia 4 tahun, dan memiliki masa panen setiap 8 – 9 bulan sekali. Untuk mengetahui kriteria pepaya california yang bagus Anda dapat melihatnya di bawah ini.

  • Pilihlah kulit buah yang berwarna jingga atau kuning kemerahan, karena biasanya warna ini menunjukkan kalau buah sudah matang.
  • Buah yang empuk ketika ditekan juga menandakan kalau dia matang secara sempurna, namun jangan memilih yang terlalu lembek karena buah seperti ini memiliki tekstur yang jelek.
  • Jangan lupa untuk memilih buah dengan permukaan yang mulus, karena tampilan buah jugamempengaruhi nilai jualnya

Demikian cara menanam pepaya california hingga memasuki masa panen, selalu perhatikan perawatannya seperti menyiraminya secara rutin serta memberi pupuk secara teratur.

Setelah memanen buah jangan lupa juga untuk mencucinya agar sisa getah dan debu yang menempel dapat dihilangkan.

Leave a Reply