Teknik Mencangkok

Cara Mencangkok Pohon Jambu dengan Mudah Agar Cepat Berbuah

Cara Mencangkok Pohon Jambu | Okulasi atau biasa disebut mencangkok adalah salah teknik mencangkok tanaman yang tengah digandrungi banyak orang. Salah satu tanaman buah yang sering dikembangbiakan dengan teknik ini yakni jambu.

Cara mencangkok pohon jambu terbilang sangat efektif dalam mengembangbiakkan buah yang lezat ini. Cara ini juga berguna untuk menggantikan metode menanam konvensional atau dari biji sehingga tanaman akan lebih cepat berbuah.

Banyak keunggulan yang dapat diperoleh dari teknik cangkok jambu. Seperti hasil cangkok sama dengan induknya, menghemat waktu panen, memperbanyak buah yang dipanen, tingkat keberhasilan cangkok tinggi serta Anda juga tidak membutuhkan banyak tempat dalam proses perawatannya.

Namun, setiap kegiatan pastinya ada kurang dan ada lebihnya. Begitu juga denganmencangkok pohon jambu ini yang tentunya mempunyai kelemahan yakni akar yang kurang kuat serta rusaknya induk pohon.

Meski demikian, teknik menanam jambu dengan metode pencangkok lebih banyak dipilih oleh para petani maupun penghobi tanaman buah. Selain cepat berbuah, kualitas buah yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan bibitnya. Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa cara mencangkok pohon jambu yang bisa Anda lakukan.

Cara Mencangkok Pohon Jambu yang Benar

Dengan pertumbuhan dan buah yang lebih cepat, membuat para petani jambu lebih menyukai menanam pohon jambu dengan cara mencangkok pohon jambu. Namun, hal itu bisa terwujud jika teknik cangkok yang dilakukan sudah tepat. Maka dari itu, berikut adalah cara mencangkok tanaman pohon jambu dengan cara yang mudah dan benar:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Cangkok
Alat dan Bahan Cangkok

Pastikan sebelum mencangkok pohon jambu Anda selalu menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut. Alat dan bahan yang digunakan adalah pisau atau benda tajam lainnya, plastik untuk menjadi wadah tanaman, tali rafia untuk mengikat tanaman, tanah secukupnya, pupuk kompos ataupun kandang.

2. Gunakan Tanaman yang Berbibit Unggul

Jika alat dan bahan sudah Anda siapkan, hal yang perlu dilakukan setelah itu adalah memilih tanaman dengan bibit unggul agar hasil tanaman sesuai dengan hasil dari induk tanaman tersebut. Pastikan Anda mengikuti cara mencangkok pohon jambu di bawah ini:

Memilih Pohon Jambu yang Unggul
Memilih Pohon Jambu yang Unggul
  • Gunakan tanaman yang kuat dan tahan lama.
  • Kondisi tanaman sehat, tidak terkena hama penyakit.
  • Pastikan memilih tumbuhan yang selalu menghasilkan.
  • Tumbuh kembang tanaman tersebut bersifat konstan atau teratur.
  • Tumbuhan tersebut masih dalam tahap berkembang dan dapat berbuah.
  • Memiliki dahan, rantin dan cabang yang sehat dan kuat.

3. Teknik Mencangkok Tanaman Pohon Jambu yang Baik dan Benar

Tahap selanjutnya pengaplikasian teknik atau cara mencangkok pohon jambu itu sendiri. Proses ini harus dilakukan dengan tepat dan sesuai agar tanaman bisa tumbuh sesuai harapan. Berikut adalah tahapan dalam mencangkok jambu yang benar:

Teknik Mencangkok
Teknik Mencangkok
  • Siapkan dan pilihlah tanaman yang akan dicangkok sesuai dengan kualitasnya.
  • Pastikan cabang yang Anda pilih, memiliki kondisi yang siap dan sehat.
  • Tanaman dalam kondisi sehat, tidak terserang hama dan penyakit.
  • Memiliki siklus pertumbuhan yang baik.
  • Satu ruas batang Anda bisa mencangkoknya lebih dari satu kali.
  • Selalu beri jarak antar cangkok pada tanaman pohon tersebut.
  • Kupaslah kulit yang akan dicangkok dengan menggunakan benda tajam hingga bagian kambium.
  • Jika sudah, biarkan batang mengering selama satu sampai tiga jam.
  • Siapkan tanah dan plastik, kemudian masukkan kedalam plastik yang digunakan sebagai wadah.
  • Jika selesai, taruh batang yang sudah mengering kedalam plastik tersebut.
  • Kemudian siram tanaman tersebut dan beri pupuk agar menjaga kelembaban media tanah.

4. Lakukan Perawatan Dengan Cara yang Benar dan Hati-Hati

Jika sudah melakukan tahapan dalam cara mencangkok pohon jambu, pastikan Anda merawat hasil cangkok tersebut dengan baik dan benar. Pada umumnya kita harus merawat pohon jambu yang sudah dicangkok dua sampai tiga bulan saja.

Berikut adalah tahapan melakukan perawatan dengan benar adalah:

Perawatan Pohon yang di Cangkok
Perawatan Pohon yang di Cangkok
  • Siramlah tanaman setiap waktu – Menyiram pohon jambu yang sudah dicangkok sebaiknya pada waktu pagi dan sore hari karena cuaca tidak lembab. Sebaliknya jika cuaca lembab, sebaiknya jangan lakukan penyiraman. Tetapi jangan lupa tetap memperhatikan tanaman yang aslinya atau induk agar menghasilkan buah yang berkualitas tinggi.
  • Lakukan pemupukan secukupnya saja – Setelah menyiram tanaman, pastikan juga Anda memupuknya karena hal ini sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencangkok pohon jambu. Dari hal tersebut bisa membuat cabang atau akar tersebut bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, pastikan Anda memberi pupuk sesuai dengan takarannya saja, biasanya dilakukan pemupukan yaitu sekali selama dua sampai tiga bulan sebanyak lima kilo pupuk organik.
  • Mencegah hama dan penyakit terhadap tanaman – Mencegah hama dan penyakit bagi tanaman karena untuk meningkatkan keberhasilan pada tanaman dalam menghasilkan buah setiap tahunnya. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi tanaman. Apabila Anda menemukan sebuah kejanggalan pada tanaman, sebaiknya segera melakukan penyemprotan pada tanaman. Biasanya dalam menyemprot tanaman, petani buah menggunakan pestisida terutama ketika musim hujan. Jika Anda biarkan, maka dapat mempengaruhi kegiatan dan hasil tanaman.

5. Masukkan Calon Bibit ke Dalam Polibag

Setelah Anda melakukan semua cara mencangkok pohon jambu diatas, pastikan Anda menanam calon bibitĀ  kedalam polibag. Biasanya Anda dapat memindah tanaman tersebut selama dua atau tiga bulan setelahnya.

Jika hasil dari cangkokan tersebut sudah tumbuh dan terlihat kuat, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih terbuka. Berikut adalah cara-cara memindahkan tanaman ke media polibag:

Bibit dalam Polybag
Bibit dalam Polybag
  • Potong hasil tanaman cangkok tersebut dengan hati-hati.
  • Siapkan media yang digunakan yaitu polibag, pupuk dan tanah secukupnya saja.
  • Kemudian buanglah media plastik yang sebelumnya digunakan dengan cara membuka talinya terlebih dahulu
  • Jika sudah, masukkan calon tanaman tersebut kedalam polibag
  • Selalu perhatikan masa perawatan tumbuhan Anda selama dua sampai tiga bulan
  • Jika sudah melewati batas tersebut, Anda bisa membawa tanaman tersebut keluar ruangan atau outdoor
  • Jika Anda kurang yakin dengan hasil tanaman selama dua sampai tiga bulan, disarankan Anda membawanya setelah berumur satu tahun.
Bibit Cangkok Siap Tanam
Bibit Cangkok Siap Tanam

Bibit cangkok pada umumnya sudah siap ditanam pada umur dua sampai tiga bulan. Batang hasil cangkokan harus terus diawasi karena suksesnya mencangkok tanaman jambu tergantung dengan tumbuhnya akar di media tanaman tersebut.

Biasanya media yang paling banyak digunakan dan keberhasilan persentasenya yang paling besar adalah polibag. Tetapi yang paling penting adalah seberapa paham Anda tentang cara mencangkok pohon jambu agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Meskipun demikian, masih banyak metode lain seperti metode vegetatif ini yang dapat Anda terapkan untuk mengembangbiakkan tanaman. Pastikan Anda mencangkok pohon tersebut dengan cara yang benar agar hasil budidaya tersebut berkualitas dan yang terbaik.

Selain itu, selalu pilihlah tanaman yang siap dicangkok. Jika tidak sesuai dengan cara mencangkok pohon jambu seperti diatas mungkin hasil tanaman tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Leave a Reply