cara menanam kunyit

Ketahui Cara Menanam Kunyit dan Perawatannya, Mudah dan Cepat Panen!

Cara menanam kunyit | Kunyit merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering ditemukan di dapur masyarakat Indonesia. Tanaman yang dikenal baik sebagai rempah-rempah ini juga dikenal luas sebagai tanaman obat.

Beberapa orang bahkan mencari cara menanam kunyit supaya bisa memanen sendiri meskipun harga kunyit tidaklah terlalu mahal di pasaran. Budidaya kunyit sebenarnya bukanlah hal yang baru.

Tentunya pengalaman memanen dari kebun sendiri memberikan rasa yang berbeda dari sekadar membelinya di pasar. Lalu, apakah Anda sendiri tertarik untuk mulai membudidayakan tanaman yang satu ini? Ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menanam Kunyit yang Bisa Dilakukan Pemula

Cara menanam kunyit tidaklah sulit. Anda hanya perlu teliti dan mengikuti semua instruksi yang diberikan. Perlu diketahui juga bahwasanya kunyit dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Karenanya, tidak ada salahnya mencoba untuk menanam mulai dari sekarang.

kebun kunyit
kebun kunyit

Terdapat beberapa tahapan yang diperlukan untuk menanam tumbuhan bermanfaat ini. Tahapan yang ada meliputi pemilihan bibit, penyemaian bibit, pengolahan media tanam, proses penanaman, hingga perawatan. Mari mulai membahasnya satu persatu.

1. Pemilihan Bibit Kunyit

Tahapan pertama dalam cara menanam kunyit adalah pemilihan bibit. Bibit merupakan langkah awal untuk bisa mendapatkan tanaman yang berkualitas dan hasil panen yang baik meskipun ini bukan satu-satunya faktor. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mencakup:

  • Bibit yang berasal dari tanaman kunyit yang baik dan berkualitas dan sudah mencapai usia 7 sampai 12 bulan.
  • Sebagai tambahan, tanaman kunyit yang akan diambil bibitnya ada baiknya merupakan tanaman yang sehat dan subur.
  • Hindari bibit yang terkena penyakit dan hama.
  • Bibit sudah didiamkan terlebih dahulu sebelum ditanam.
  • Warna, bentuk, dan ukuran bibitnya sama.

Hal-hal di atas ada baiknya ditanyakan kepada penjual bibit. Tidak ada salahnya untuk bertanya mendetail mengenai perolehan bibit yang akan dijual supaya Anda mendapatkan yang terbaik. Cara lain yang bisa ditempuh adalah bertanya kepada orang yang sudah biasa menaman tanaman kunyit di mana bisa mendapatkan bibit yang bagus.

2. Proses Penyemaian Bibit Kunyit

Menyemai Bibit Kunyit
Menyemai Bibit Kunyit

Setelah tahap pemilihan bibit, Anda harus melakukan penyemaian. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan maksimal. Selain itu, penyemaian membantu bibit untuk beradaptasi di lingkungan baru. Berikut cara menanam kunyit dalam tahapan penyemaian bibit.

  • Letakkan bibit kunyit di tempat yang memiliki suhu sekitar 25 sampai 28 derajat celcius.
  • Diamkan saja selama 1 hingga1 ½ bulan.
  • Cara yang lain adalah dengan merendamnya selama 3 jam di larutan ZPT.
  • Selama 1 bulan, diamkan bibit kunyit hingga tumbuh menjadi tunas sehingga sudah siap untuk ditanam.

3. Mengolah Media Tanam Lahan Kunyit

Setelah proses penyemaian, cara menanam kunyit berikutnya adalah mengolah media tanam.  Perlu diketahui bahwa kunyit bisa ditanam di bedengan, pot, dan juga polybag. Apa yang akan dijelaskan di sini adalah penanaman dengan media tanam bedengan. Meski begitu, apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk membuat media tanam yang terdiri dari pupuk kandang, jerami, dan tanah humus. Perbandingan dari ketiganya adalah 1:1:3.

Menggunakan bedengan sebagai media tanam tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tiga hal yang perlu disiapkan yaitu pupuk kandang kering, sabit, dan cangkul. Pertama-tama, bersihkan lahan tanam dari tanaman dan rumput liar. Setelah bersih, gemburkan tanah dengan cara mencangkulnya.

Mengolah Media Tanam Lahan Kunyit
Mengolah Media Tanam Lahan Kunyit

Pada saat proses ini, campurkan pupuk kandang kering supaya bisa bercampur dengan tanah. Selanjutnya, bedengan yang akan dibuat berukuran tinggi sekitar 25 sampai 50 cm dan lebar sekitar 60 sampai 100 cm. Buatlah jarak antar bedengan selebar 50 cm serta buatlah drainase supaya pengairan untuk lahan tanam dapat berjalan lancar.

Cara menanam kunyit setelah persiapan lahan tanam adalah penanaman kunyit. Musim yang baik untuk menanam kunyit yakni berkisar di awal musim hujan. Menanamnya pada waktu itu akan memungkinkan bagi Anda untuk memanen kunyit pada musim kemarau awal. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menanam kunyit.

  • Buatlah lubang tanam terlebih dahulu pada bedengan yang telah dibuat sebelumnya. Kedalaman lubang tanam yaitu 60 cm dengan besar 30 x 30 cm. untuk jarak antar lubang, buatlah selebar 60 cm.
  • Siapkanlah bibit kunyit yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  • Tanamlah semua bibit tersebut ke dalam lubang tanam yang ada di bedengan.
  • Berilah pupuk kandang kering dan tutup lubang tersebut dengan tanah.

Cara menanam kunyit sangatlah mudah, bukan? Karenanya tidak heran jika pemula pun bisa mulai berbudidaya kunyit. Alat dan bahan yang tidak sulit didapat juga menjadi pertimbangan orang-orang dalam membudidayakan tanaman yang satu ini.  ini.

Tahap Perawatan Tanaman Kunyit Hingga Siap Panen

Setelah menanam, hal yang penting untuk dilakukan tentu saja melakukan perawatan agar kunyit bisa tumbuh dengan baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah pengairan dan penyiraman, penyiangan, pemupukan, penyulaman, pembubunan, dan penyemprotan pestisida. Mari simak ulasannya di bawah

perawatan tanaman kunyit
perawatan tanaman kunyit

1. Pengairan dan penyiraman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, drainase penting untuk dibuat di sekitar bedengan. Hal ini dimaksudkan supaya air dari pengairan tidak menggenang karena dapat membuat umbi menjadi busuk.

2. Proses Penyiangan

Penyiangan adalah upaya untuk membersihkan gulma dan hama yang umum ditemukan pada lahan tanam. Anda bisa melakukan penyiangan pada saat usia tanaman mencapai dua minggu. Meski begitu, hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi lahan. Jika terlihat sudah banyak gulma atau hama yang mengganggu, segera saja bersihkan.

3. Pemberian Pupuk Tanaman Kunyit

Dalam cara menanam kunyit, melakukan pemupukan adalah hal yang bisa menunjang pertumbuhan tanaman. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk kandang yang berasal dari hewan ternak atau pupuk organik.

4. Proses Penyulaman (Penggantian bibit yang mati dengan bibit baru)

proses penyulaman
proses penyulaman

Proses ini merupakan langkah mengganti tanaman yang mati dengan bibit yang baru. Namun, hal ini hanya bisa dilakuan pada tanaman yang berumur 1 minggu atau kurang.

5. Pembubunan Tanaman

Pembubunan merupakan proses menambah tanah pada lahan tanam yang bisa saja berkurang karena terbawa air yang mengalir ke drainase. Untuk menghindari tanah yang bisa saja lama-lama tinggal sedikit, upaya pembubunan perlu dilakukan.

6. Penyemprotan Pestisida

Penyemprotan pestisida
Penyemprotan pestisida

Dalam cara menanam kunyit, menyemprotkan pestisida bisa mengurangi resiko terkena penyakit dan hama yang bisa menyerang tanaman kunyit. Ikutilah instruksi pemberian pestisida sesuai produk yang Anda miliki.

Proses Pemanenan Tanaman Kunyit

Setelah semua proses yang telah disebutkan di atas Anda jalani, waktu panen adalah hal yang paling ditunggu. Waktu panen umumnya berkisar antara usia tanaman 7 hingga 8 bulan. Tanaman yang sudah siap panen bisa dilihat dari daunnya yang berubah menjadi warna kuning dan layu dari mulanya yang berwarna hijau.

hasil panen kunyit
hasil panen kunyit

Demikianlah cara menanam kunyit yang bisa Anda aplikasikan di lahan milik pribadi. Seperti yang terlihat, menanam tanaman yang banyak manfaatnya ini terbilang mudah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk merawatnya. Selamat membudidayakan kunyit!

Leave a Reply