cara menanam kencur

Cara Menanam Kencur Yang Benar Langsung di Kebun Maupun di Polybag

Cara menanam kencur tentu banyak dicari infonya oleh banyak orang, terutama yang ingin memiliki kebun herbal atau tanaman obat sendiri di rumah. Kencur adalah salah satu tipe tanaman herbal yang paling banyak digunakan dalam pembuatan jamu tradisional serta pengobatan alternatif.

Tanaman dengan nama latin kaempferia galanga L ini memang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk menghilangkan darah kotor, mengobati perut mual dan kembung, serta mengobati masalah sakit tenggorokan dan batuk.

Karena memang banyak kegunaannya, tidak ada salahnya jika tanaman kencur selalu siap siaga di rumah. Jika ingin menanam kencur di rumah, ternyata caranya cukup sederhana dan tidak ribet.

Tanaman ini bisa ditanam dalam media apapun, termasuk di dalam tanah yang terbuka ataupun di tempat terbatas seperti dalam polybag dan pot. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang cara menanam kencur di media tanah dan polybag.

Cara Menanam Kencur pada Media Tanah Terbuka

Pada umumnya, kencur memang ditanam pada media tanah terbuka. Namun, hal ini akan sulit dilakukan jika penanam hanya ingin menanam kencur di rumah dan dalam skala kecil.

Cara Menanam Kencur pada Media Tanah Terbuka

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara menanam kencur yang benar jika media yang digunakan adalah media tanah terbuka. Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Memilih Tanah yang Terbuka

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan tanah atau lahan terbuka untuk menanam kencur. Kencur haruslah ditanam di tanah yang terbuka dan mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanah juga harus memiliki akses drainase yang baik. Hal ini semua terkait dengan sifat alami kencur yang cukup peka terhadap kelembaban dan terbilang sangat rentan terhadap resiko kebusukan.

2. Menggemburkan Tanah

Salah satu hal yang harus diketahui dalam cara menanam kencur dengan media tanah adalah proses penggemburan tanah. Ya, setelah menemukan lahan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, tanah harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum diberi bibit kencur atau singkatnya tanah harus digemburkan.

Mengolah lahan Tanam
Mengolah lahan Tanam

Caranya adalah dengan mencangkul tanah kira-kira sedalam 20 hingga 30 cm. Penggemburan ini bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sampai tanah benar-benar gembur.

3. Membuat Petakan untuk penyemaian

Langkah selanjutnya adalah pembuatan petak untuk bibit kencur. Petak dapat dibuat sejajar dan teratur, kira-kira selebar 3 meter hingga 4 meter (sesuaikan saja dengan ukuran lahan).

Setelah itu, pisahkan petak dengan parit-parit. Selain utuk membuat tanaman kencur nantinya tidak terlalu berdempetan, parit juga berguna untuk pengairan atau drainase tanaman nantinya.

4. Menanam Rimpang Kencur dalam Petak

Setelah tanah siap, tanamlah rimpang kencur atau biji kencur. Untuk media tanam berupa tanah, rimpang kencur dapat dipilih yang berukuran agak besar.

Rimpang kencur sebaiknya didapatkan dari tanaman kencur yang sehat dan sudah berusia minimal 8 bulan. Banyak orang yang sukses dalam mempraktekkan cara menanam kencur dengan memilih rimpang kencur berkualitas baik.

5. Merawat Tanaman Kencur dalam Tanah

Merawat Tanaman Kencur

Untuk perawatan tanaman kencur dalam tanah terbuka, fokuskan perawatan pada pengendalian hama. Tanah terbuka rentan terhadap serangan hama tanaman, termasuk ulat pemakan daun. Buang ulat atau hama yang terlihat secara manual. Tapi, jika sudah terlalu banyak, gunakan insektisida agar prosesnya lebih cepat dan efisien.

6. Memanen Kencur dari dalam Tanah

panen kencur

Setelah kencur berusia 8 hingga 12 bulan, kencur sudah siap dipanen. Untuk kencur yang ditanam dalam tanah, cara memanennya adalah dengan menarik tanaman keluar hingga akar rimpangnya kelihatan. Tarik langsung dengan tangan, atau jika kencur terlalu besar dan berat, gunakan alat bantu berupa sabit atau sekop kecil untuk menarik tanaman.

Cara Menanam Kencur pada Media Polybag

Untuk penanaman kencur dalam skala yang lebih kecil dan bisa dilakukan di rumah atau sekolah, tentu tidak bisa dilakukan di tanah terbuka. Tenang saja, tanaman herbal yang satu ini juga sangat mudah ditanam dalam media tanam kecil, seperti polybag salah satunya.

Plastik tanam ini termasuk mudah ditemukan, murah, dan tahan lama. Inilah mengapa banyak orang yang lebih tertarik bercocok tanam atau membudidayakan tanaman dengan media polybag. Bagaimana cara menanam kencur dalam plastik tanam? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membeli Polybag dengan Ukuran yang Benar

Polybag yang cocok untuk menanam kencur adalah yang berukuran agak besar dan lubang-lubang airnya cukup banyak. Polybag dengan ukuran terlalu kecil akan membuat kencur tidak bisa tumbuh maksimal. Jika tidak ada, gunakan alternatif lain seperti karung sisa pupuk yang dilubangi.

2. Mengisi Polybag dengan Tanah

Mengisi Polybag dengan Tanah

Untuk cara menanam kencur dalam polybag, hal yang sangat wajib diperhatikan adalah tanah yang digunakan untuk mengisi polybag. Tanah yang diisikan pada polybag haruslah tanah yang gembur. Tanah harus dicampur dengan sedikit pasir (perbandingan 4 tanah, 1 pasir). Campurkan juga pupuk kandang atau kompos di dalamnya.

3. Menempatkan Polybag di Ruang Teduh

Agar polybag berisi campuran tanah siap sepenuhnya, mereka harus didiamkan selama 1-2 hari di tempat yang teduh. Hal ini akan membuat campuran tanah stabil dan siap untuk ditanami rimpang kencur di dalamnya.

Tips cara menanam kencur yang satu ini janganlah tidak dilakukan karena jika tanah langsung beri rimpang tanpa didiamkan, rimpang kencur tidak akan tumbuh dengan baik.

4. Menanam Rimpang Kencur dalam Polybag

Karena polybag merupakan media tanam yang terbatas luasnya, rimpang atau bibit kencur yang dipilih sebaiknya tidak terlalu besar ukurannya.

Menanam Rimpang Kencur
Menanam Rimpang Kencur di Polybag

Tiap polybag bisa diisi dengan 2 rimpang kencur yang ditanam dalam lubang sedalam 7-10 cm. Beri jarak pada tiap lubang sebesar 10 cm. Setelah selesai, tempatkan polybag di bagian rumah atau halaman yang memiliki akses sinar matahari, seperti di teras atau di dekat jendela.

5. Memelihara Tanaman Kencur dalam Polybag

Memelihara Tanaman Kencur dalam Polybag

Perawatan kencur dalam polybag difokuskan pada pembersihan rumput liar yang biasanya tumbuh di sekitar polybag. Selain itu, jangan lupakan penyiraman teratur pagi dan sore, serta menghilangkan hama ulat pemakan daun jika kelihatan.

Banyak masukan dalam cara menanam kencur mengenai pembasmian hama ulat, salah satunya adalah dengan menggunakan zat insektisida.

6. Memanen Kencur dari Polybag

Setelah sekitar 7-9 bulan, tanaman kencur dalam polybag siap dipanen. Karena medianya berupa plastik tanam, pada saat panen plastik polybag bisa langsung dirobek saja untuk mengeluarkan rimpang kencur hingga ke akar-akarnya. Hal ini akan lebih mudah dilakukan daripada harus menarik keluar tanaman kencur ke atas.

panen kencur di polybag
panen kencur di polybag

Demikian informasi lengkap tentang bagaimana cara yang baik dan benar dalam penanaman tanaman kencur. Meski ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan mungkin prosesnya termasuk tidak mudah, pada saat panen, hasil tanaman kencur yang ditanam sendiri tentunya akan lebih memuaskan.

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, jangan lupa lakukan semua petunjuk di atas tadi, baik itu bagi yang menanam di media tanah maupun di polybag. Cara menanam kencur yang benar tentunya akan membuat hasil panen memuaskan dan bahkan layak jual.

Leave a Reply