Tunas kentang

Cara Menanam Kentang yang Benar Mulai dari Bibit Hingga Siap Panen

Cara Menanam Kentang | Bertani merupakan aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Tak mengherankan memang mengingat bangsa ini juga disebut negara agraris. Banyak sekali komoditas yang biasa ditanami oleh petani. Salah satunya yakni sayur kentang.

Menanam jenis sayuran tersebut seperti tidak ada ruginya sebab kebutuhan pasar terhadapnya cukup tinggi. Hal itu terasa wajar mengingat pemanfaatan kentang sangat bervariasi selain itu juga mengandung gizi yang kompleks. Apalagi cara menanam kentang tidak ribet dan mudah untuk diikuti.

Cara Menanam Kentang
Cara Menanam Kentang

Inilah Cara Menanam Kentang Biar Panen Berlimpah

Sayur kentang pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan dari Anda. Sebab selain dikonsumsi sebagai bahan masakan, buahnya juga bisa diolah ke beragam sajian makanan seperti keripik.

Melihat hal tersebut membuat Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Apabila tahu rahasia cara menanam kentang yang benar, bukan tidak mungkin hasil panen akan berlimpah dan keuntungan pun berada di depan mata.

Simak beberapa tips dan caranya di bawah ini.

1. Siapkan Benih yang Unggul

Bibit Kentang
Bibit Kentang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan benih tanaman kentang yang unggul. Pada tahap cara menanam kentang ini bisa dibilang sangat krusial karena kualitas yang didapat mempengaruhi tingkat kualitas panennya pula ke depan.

Jadi pastikan Anda mendapatkan bibit buah kentang level tinggi. Sebenarnya di beberapa tempat sudah banyak yang menjual bibit dengan kualitas yang beragam. Namun, menanam bibit sendiri pun bisa kok dilakukan.

2. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Sambil menunggu bibit tumbuh menjadi tunas bila menanam bibit sendiri, Anda kini harus mempersiapkan media tanam. Media tersebut tentu saja berupa lahan yang akan digunakan.

Dalam hal cara menanam kentang ini juga harus super teliti mulai dari lokasi hingga pengaturan tanah. Maksudnya ialah tempat yang dipilih usahakan memiliki paparan cahaya matahari yang cukup agar tumbuh kembang tanaman kentang maksimal.

Selain itu, Anda juga harus membuat tanah gembur dengan cara mencangkulnya dan jangan lupa buat pula bedengan untuk akses air hujan.

3. Menanam Kentang di Lahan

Menanam Bibit Kentang di Lahan
Menanam Bibit Kentang di Lahan

Inilah momen yang pasti Anda tunggu yakni pengaplikasian bibit yang sudah menjadi tunas ke lahan.  Cara menanam kentang yang tepat ada baiknya mempertimbangkan musim juga.

Musim yang disarankan ialah musim hujan sebab agar umbi yang di tanam terkena air yang cukup. Penanaman juga harus dilakukan dengan teliti seperti tidak terlalu dalam agar tidak mengganggu produktivitas sayuran familiar tersebut.

4. Beri Pupuk Agar Makin Subur

Cara menanam kentang agar dapat menghasilkan panen maksimal maka tidak harus melupakan pemberian pupuk. Pupuk sangat baik dalam membantu tumbuh kembang dan produktivitas tanaman kentang.

Paling tidak beri pupuk setiap 20 hari sekali dengan memperhatikan beberapa dosis penting. Misalnya pengaturan pupuk KCL sebanyak 100kg/h, pupuk urea 500kg/h dan lain sebagainya. Anda bisa memberi tambahan pupuk di sekitar area media tanam agar efektif.

5. Penyiangan Tanaman

Hasil Penyiangan
Hasil Penyiangan

Selain pemberian pupuk yang merupakan hal wajib, jangan lupa pula perhatikan area media tanam. Penyiangan di sini bermaksud yakni kebersihan tempat atau lahan.

Apakah di situ ada banyak hama maupun rumput liar maka sebaiknya bersihkan. Rumput liar dan hama jelas mengganggu produktivitas tanaman kentang dan apabila dibiarkan maka kualitas kentang dan hasil panen tidak maksimal.

Pembersihan area tanam ini bisa dilakukan sebelum memberi tambahan pupuk.

6. Penyiraman Tanaman Kentang

Penyiraman
Penyiraman

Tahapan cara menanam kentang yang tak kalah penting ialah mengenai proses penyiramannya. Tanaman sayuran ini membutuhkan kadar air yang cukup. Jadi jika lahan terlihat kering sebaiknya siram dengan air secukupnya.

Ingat jangan berlebihan sebab menyiram hingga tergenang justru membuat tanaman tersebut membusuk dan gagal tumbuh. Penting sekali untuk Anda memperhatikan kondisi area media tanam.

7. Masa Panen

Masa Panen
Masa Panen

Inilah momen yang paling membahagiakan dan paling di tunggu-tunggu. Segala proses melelahkan di atas akan terbayar tuntas setelah bisa memanen tanaman kentang ini.

Buah kentang umumnya bisa dipanen pada usia 3 sampai 4 bulan. Namun, dalam pemanenan tidak boleh memilih di sembarang waktu. Usahakan saat cuaca sedang cerah karena memanen saat hujan bisa menimbulkan kebusukan pada kentang.

Jika sudah dipanen maka biarkan lahan selama beberapa hari sebelum memulai proses penanaman kembali.

Tips Menanam Bibit Kentang Sendiri

Di atas sudah disebutkan bahwa cara menanam kentang khususnya pada saat memilih bibit usahakan memilih yang terbaik. Dalam hal itu juga dijelaskan bahwa sebetulnya Anda bisa menanam sendiri bibit unggul.

Lagi pula dengan perawatan sendiri maka kualitas benar-benar bisa ditekan dan berkualitas tinggi. Inilah beberapa tips yang tidak harus dilewatkan saat menanam bibit.

Menanam Bibit Sendiri
Menanam Bibit Sendiri

1. Pemilihan Lokasi

Lagi-lagi lokasi penanaman harus benar-benar diperhatikan. Sebab tanaman kentang ini memang perlu perawatan yang ekstra.

Usahakan area lahan tanaman memiliki suhu antara 15-20 derajat celcius. Suhu tersebut dianggap pas dan sangat relevan dalam menunjang tumbuhnya bibit yang unggul.

2. Pilih Umbi Terbaik

Bibit Kentang Unggul
Bibit Kentang Unggul

Pemilihan umbi kentang harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda berkeinginan mendapat bibit berkualitas tinggi maka umbi yang dipilih pula harus terbaik.

Pastikan memilih yang tidak sedang terserang hama. Bagaimanapun bila bibitnya sudah jelek maka kualitas panen nantinya tidak bisa diharapkan.

3. Penanaman di Lahan

Menanam Calon Bibit Unggul
Menanam Calon Bibit Unggul

Ketika sudah berhasil menemukan umbi kentang yang siap menghasilkan bibit unggulan. Kini saatnya menanam sayuran tersebut ke ladang yang sudah disiapkan.

Cara menanam kentang bibit yang baik ialah memerhatikan jarak antar tanaman yang harus diatur dengan cermat. Di beberapa tipe umum kentang sebaiknya dibuat jarak yang tidak jauh khususnya untuk kentang yang ditanam buat keperluan konsumsi.

4. Rajin Memberi Pupuk

Pemupukan
Pemupukan

Cara menanam kentang untuk keperluan menciptakan bibit berkualitas juga harus diperhatikan dari segi perawatannya. Perawatan tentu saja dimulai dari penyiraman yang teratur hingga pemberian pupuk secara berkala.

Apabila dua hal itu bisa dilakukan dengan waktu yang tepat dan rutin maka hasil tidak akan mengecewakan.

5. Biarkan Sejenak

Tunas kentang
Tunas kentang

Apabila sudah dilakukan tahapan di atas maka tinggal menunggu waktu saja. Selama beberapa pekan akan terlihat tunas yang muncul ke permukaan tanah.

Tunas baru tersebut secara otomatis menghasilkan akar dan mulai bertumbuh subur jika perawatan yang Anda berikan maksimal. Pastikan tetap memberikan semprotan air secukupnya agar tunas mampu bertahan hidup.

Itulah cara menanam kentang yang baik dan benar agar hasil panen yang diperoleh memuaskan. Tanaman kentang merupakan komoditas yang banyak dicari masyarakat. Tak ayal kebutuhan pasar terhadapnya pun cukup tinggi.

Jadi tidaklah salah bila Anda ingin memanfaatkan keadaan tersebut. Buatlah perencanaan tang baik sesuai apa yang sudah di tuang di atas. Semua proses memang berjalan panjang dan melelahkan.

Belum lagi pemberian perawatan yang harus dilakukan. Namun, semua rasa lelah akan terbayar melihat hasil panen yang melimpah dan berkualitas.

Leave a Reply