macam-macam ukuran polybag

Macam-macam Ukuran Polybag dan Fungsinya untuk Tanaman

Ukuran Polybag | Polybag menjadi salah satu media yang dapat digunakan sebagai opsi penanaman berbagai jenis tumbuhan. Polybag yang banyak dijual di pasar merupakan jenis polybang segi empat dengan warna hitam. Bukan hanya ukuran berat dan bentuk polybag yang ditawarkan pun tersedia dalam berbagai macam pilihan. Sebut saja ukuran polybag  yang hadir dalam berbagai ukuran dan kegunaan.

Ukuran Polybag yang Dapat Anda Temukan dengan Mudah

Ukuran polybag  tersedia dalam berbagai macam tipe ukuran. Berikut ukuran-ukuran polybag  dan bentuknya dari yang paling kecil hingga paling besar. Serta dapat anda temukan dengan mudah di pasaran. Rata-rata polybag ukuran dibawah ini memiliki bentuk standar yang sama yakni persegi berwarna hitam. Untuk ukuran diameter akan tergantung ukuran dasar tipenya.

Ukuran Polybag
Ukuran Polybag

1. Polybag Ukuran 8 x 9 cm

Merupakan jenis ukuran polybag  yang paling kecil dan tentunya fungsinya juga terbatas namun cukup penting seperti proses penyemaian biji tanaman. Tanaman yang akan dibudidayakan akan memerlukan media kecil seperti polybag ukuran 8 x 9 cm. Memiliki diameter yang kecil tanaman yang disemaikan melalui media polybag 8 x 9 akan mendapat asupan nutrisi yang lebih optimal.

2. Polybag Ukuran 10 x 15 cm

Ukuran polybag  kedua adalah 10 x 15 cm yang fungsinya juga relatif sama sebagai media penyemaian namun lebih untuk jenis tanaman kayu. Pasalnya benih jenis tanaman kayu yang tumbuh berpotensi memiliki diameter yang lebih cepat besar. Selain tanaman jenis kayu tanaman-tanaman lain dengan diameter sedang juga cocok untuk dikembangbiakkan melalui media ini.

3. Polybag Ukuran 12 x 17 cm

Ukuran polybag  ini memiliki ukuran medium namun rata-rata bentuk segala ukuran tetap sama yakni berwarna hitam persegi. Dalam memilih polybag juga pastikan anda mengetahui jenis tanaman yang akan ditanam dan karakter pertumbuhannya. Perkiraan diameter maksimal tanaman juga penting agar tanaman dapat tumbuh dalam jangka waktu yang lama.

4. Polybag Ukuran 17,5 x 40 cm

Ukuran polybag  jenis ini bisa dikatakan cukup besar dan relatif cocok untuk menggantikan pot berukuran sedang sebagai medium bertanam yang lebih terjangkau. Sama halnya dengan tipe lainnya bentuk polybag ukuran ini hanya beda kapasitas tampung dan ukurannya. Kapasitas tampung dan diameternya yang cukup besar cocok digunakan sebagai media bertanam permanen untuk area plural.

5. Polybag Ukuran 40 x 50 cm

Terakhir adalah ukuran paling besar untuk polybag yakni 40 x 50 cm. Ukuran polybag ini cukup efisien digunakan sebagai media bertaman tanaman dengan karakter akar yang lebat. Polybag ukuran besar juga cenderung relatif fleksibel untuk ditanami berbagai macam tumbuhan kebutuhan sehari-hari. Serta cukup cocok digunakan sebagai media bertanam permanen tanpa pemindahan ke lahan lainnya.

Fungsi dan Jenis Tanaman yang Dapat Menggunakan Ukuran Polybag

Dari berbagai tipe dan ukuran polybag seperti yang sudah disebutkan di atas tiap polybag tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Jenis tanaman yang bisa memanfaatkan berbagai tipe ukuran polybag  tersebut juga berbeda. Fungsi ukuran polybag pada umumnya akan disesuaikan dengan jenis tanaman dan jenis akarnya yang akan ditanam.

1. Polybag 8 x 9 cm

Untuk ukuran polybag  paling kecil ini akan sangat baik digunakan untuk penyemaian benih sebelum dipindahkan ke lahan bertanam. Misalkan saja padi, cabai, bayam, dan jenis sayur lainnya. Pertumbuhan benih akan lebih optimal jika dikembangbiakkan di dalam media yang kecil. Karena biasanya pada satu lembar polybag akan digunakan untuk satu atau beberapa namun tidak terlalu banyak benih.

Polybag 8 x 9 cm
Polybag 8 x 9 cm

Polybag jenis ini umumnya digunakan para petani untuk menyemai benih tumbuhan sebelum dipanen ke lahan persawahan. Akan memakan waktu empat mingguan hingga satu bulan untuk mendapatkan tanaman yang siap dipindahkan ke lahan panen. Kontrol pertumbuhan melalui polybag paling kecil juga lebih mudah serta relatif mudah.

2. Polybag 10 x 15 cm

Polybag 10 x 15 cm
Polybag 10 x 15 cm

Untuk ukuran polybag  kelas 10 x 15 cm seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya akan sangat cocok untuk penyemaian tanaman jenis kayu. Ini karena polybag ukuran ini memiliki diameter dan luas yang tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar untuk pertumbuhan satu bibit katakanlah sengon. Polybag jenis ini akan bagus digunakan sebagai media penyemai tahap awal hingga pertengahan.

3. Polybag 12 x 17 cm

Polybag 12 x 17 cm
Polybag 12 x 17 cm

Polybag ukuran 12 x 17 termasuk kategori ukuran sedang dan cocok juga digunakan sebagai media penyemaian hingga tanaman tumbuh kurang lebih empat atau lima bulan. Untuk kemudian dipindahkan lagi ke media yang lebih luas. Rata-rata tanaman hias taman akan memerlukan polybag tipe 12 x 17 tergantung diameter batangnya saat tumbuh paling optimal.

Polybag ukuran medium akan sering dijumpai di tempat para penjual tanaman hias. Dimana kebutuhannya adalah sebagai wadah sementara namun muat untuk banyak tipe akar tanaman sebelum dipindahkan. Tidak jarang para penjual tanaman juga menjual paket polybag sekaligus untuk kebutuhan pertanian lainnya bahkan media tanah atau coral juga rata-rata dijual.

4. Polybag 17,5 x 40 cm

Polybag 17,5 x 40 cm
Polybag 17,5 x 40 cm

Selanjutnya ukuran polybag  kelas 17,5 x 40 yang sudah tergolong ukuran besar. Polybag dengan ukuran ini dapat digunakan sebagai media bertanam permanen untuk berbagai jenis tanaman. Karena pada akhirnya tanaman yang memiliki tumbuh kembang baik akarnya akan semakin meluas dan tentu polybag ini sudah cukup cocok untuk media bertanam jangka panjang.

5. Polybag 40 x 50 cm

Polybag 40 x 50 cm
Polybag 40 x 50 cm

Untuk polybag dengan ukuran paling besar yakni 40 x 50 akan sangat cocok digunakan untuk bertanam tanaman jenis akar lebat. Selain berakar lebat juga cocok digunakan untuk tanaman yang berpotensi tumbuh dan memiliki diameter besar seperti jahe, jeruk, dan lain-lain. Polybag ukuran ini biasanya secara langsung memiliki ketebalan yang lebih dari jenis ploybag lainnya

Untuk polybag dengan ukuran 40×50 juga cocok digunakan sebagai media bertanam permanen. Terutama untuk kegiatan bertanam di daerah rural seperti perkotaan yang minim lahan dan tanah subur. Polybag ukuran besar dapat dijadikan opsi untuk tetap memiliki tanaman sayur rumahan yang lebih sehat dan hemat pengeluaran.

Dalam pemilihan polybag harus memperhatikan jenis kebutuhannya dan tanaman yang akan ditanam. Pastikan anda tidak memilih jenis polybag yang tidak sesuai untuk tanaman anda karena ketidaktahuan. Media yang baik akan membantu menstimulus pertumbuhan tanaman yang lebih baik. Apabila media yang diperlukan seperti lahan tidak ada maka polybag bisa menjadi solusi hemat, mudah dan praktis.

Itulah berbagai jenis dan tipe ukuran polyba  yang banyak tersedia di pasaran dan mudah ditemui. Harga per kilonya juga cukup terjangkau untuk menunjang kegiatan bertanam yang bermanfaat. Sejauh ini rata jenis yang tersedia di pasar adalah lima jenis yang disebutkan diatas dengan warna hitam dan bentuk persegi. Namun, tidak jarang pula penjual yang menyediakan polybag tipe lain dengan bentuk lain.

Leave a Reply