Menjemur Kenari

Download Suara Burung Kenari Mp3 Gacor Panjang

Download Suara Burung Kenari Mp3 | Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak dibudidayakan oleh para peternak, karena dapat dibilang bahwa bisnis ini cukup menjanjikan.

Suara Burung Kenari
Suara Burung Kenari

Banyaknya peminat dari burung satu ini dikarenakan warna bulunya yang indah dan enak dipandang. Selain itu, suara burung kenari juga tidak kalah indah dibandingkan dengan berbagai macam burung kicau lainnya.

Bukan hanya itu, namun dengan suara nyanyiannya yang merdu membuat burung ini sering dijadikan sebagai burung kontes dan juga perlombaan.

Penyebab Hilangnya Suara Burung Kenari

Penyebab Hilangnya Suara Burung Kenari
Penyebab Hilangnya Suara Burung Kenari

Akan tetapi, terkadang burung kenari ini susah berkicau bahkan akan diam. Pastinya hal ini akan membuatkhawatir jika terjadi apa-apa dengan kenari yang dipelihara.

Untuk itu tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara agar suara burung kenari yang dipelihara ini dapat kembali seperti semula bahkan lebih gacor.

Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab yang dapat membuat hilangnya kicau dari burung kenari tersebut. Berikut penjelasannya.

  • Tidak Dalam Kondisi Sehat

Penyebab pertama yang dapat membuat kicau kenari hilang ini adalah burung tersebut sedang tidak dalam kondisi sehat. Meskipun sikap dari burungĀ  ini selalu aktif, namun bukan berarti tidak ada penyakit maupun bakteri yang sedang menyerangnya.

Hal ini dikarenakan seekor burung kenari sangat pintar dalam menyembunyikan penyakit yang dideritanya. Maka dari itu, perlu mengamati dengan serius terhadap semua bagian tubuhnya seperti mata, paruh, serta kondisi bulu.

Biasanya penyakit yang menyerang burung ini, yaitu infeksi pernafasan yang diakibatkan oleh virus, bakteri, dan juga jamur.

  • Masa Pergantian Bulu

Masa Pergantian Bulu
Masa Pergantian Bulu

Ketika sedang berada pada masa mabung atau pergantian bulu, seekor kenari akan cenderung diam dan minim bersuara hingga masa pergantian bulu ini berakhir.

Dapat dikatakan bahwa seekor burung kenari yang sedang mabung akan mengeluarkan energi lebih banyak dari biasanya, sehingga energi yang diperlukan untuk berkicau akan habis terkuras.

Dalam masa ini, Anda juga perlu memperhatikan apakah terdapat bulu yang rontok diluar masa mabung atau tidak. Jika ada, maka burung tersebut perlu perawatan yang lebih intensif.

  • Tubuhnya Terlalu Kurus

Seekor burung kenari yang terlalu kurus juga akan susah berkicau bahkan tidak mau mengeluarkan suara sama sekali. Seperti yang telah diketahui bulu pada kenari ini cukup tebal, jadi akan susah membedakan mana tubuh kenari yang terlalu kurus atau tidak.

Dalam hal ini, Anda dapat merasakannya ketika memegang burung tersebut. Jika tulang pada bagian dada dan punggung terasa jelas, maka dapat dipastikan bahwa burung kenari ini terlalu kurus dan membutuhkan asupan yang lebih besar.

Tips Agar Suara Burung Kenari Kembali Gacor

Tips Membentuk Suara Kenari
Tips Membentuk Suara Kenari

Itulah beberapa penyebab yang kemungkinan dapat membuat suara burung kenari hilang ataupun malas berkicau. Namun apabila Anda masih bingung dalam membuat kenari yang dipelihara mampu mengeluarkan suaranya kembali tidak perlu khawatir.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan akan burung kenari yang dipelihara mampu gacor.

1. Meletakkan Kandang Pada Tempat yang Tepat

Peletakan sebuah kandang sangat mempengaruhi keluarnya kicauan dari seekor burung termasuk burung kenari. Apabila kandang diletakkan pada tempat yang berisik, maka kemungkinan besar burung tersebut akan mengalami stres.

Ketika seekor burung kenari sudah mempunyai tingkat stres yang tinggi, tentunya ia tidak akan mampu berkicau secara maksimal bahkan dapat mogok berbunyi.

Oleh karena itu, usahakan penempatan dari kandang ini berada pada tempat yang tenang terutama pada malam hari ketika burung tersebut beristirahat.

2. Pemakaian Sangkar yang Luas dan Berukuran Besar

Pakai Sangkar Yang Cukup Luas
Pakai Sangkar Yang Cukup Luas

Pemakaian sangkar harian yang luas serta berukuran besar ini bertujuan agar burung kenari didalamnya dapat bergerak dan juga terbang secara bebas tanpa adanya batasan berarti.

Dengan demikian, maka otot serta fisik dari kenari tersebut dan tumbuh dengan baik. Selain itu, kesehatannya juga akan bertambah baik karena akan lebih banyak bergerak. Ketika fisik dan kesehatannya terjaga, maka suara burung kenari yang dikeluarkan dapat lebih gacor dan berdurasi panjang.

3. Memandikan Secara Rutin

Memandikan seekor burung kenari secara rutin, bertujuan untuk menjaga kesehatan dan juga kebersihannya. Kuman dan Bakteri merupakan suatu hal yang dapat menyebabkan penyakit pada burung kenari.

Maka dari itu, usahakan memandikannya setiap hari dan jangan lupa menambahkan cairan anti bakteri untuk membunuh semua kuman dan bakteri yang ada pada burung tersebut.

Namun, pemandian ini sebaiknya dilakukan ketika terik matahari agar burung tidak kedinginan ketika dimandikan dan akhirnya jatuh sakit bahkan dapat mati.

4. Menjemurnya Setelah Memandikannya

Menjemur Kenari
Menjemur Kenari

Setelah memandikan burung kenari, jangan pernah lupa untuk menjemurnya. Seperti yang tadi telah dibahas, bahwa seekor burung kenari yang kedinginan dapat dengan mudah terkena penyakit.

Maka dari itu, jemurlah burung ini ketika selesai memandikannya. Penjemuran ini akan lebih baik jika dilakukan dibawah terik matahari. Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa waktu yang diperlukan untuk menjemur kenari ini tidak boleh terlalu lama.

Hal ini dikarenakan ketika burung tersebut dapat dehidrasi dan menyembabkan suara burung kenari ini hilang.

5. Tidak Lupa Memberi Pakan dan Minuman

Menjaga kesehatan dan juga vitalitas merupakan salah satu kunci penting dalam membuat kicau menjadi lebih gacor. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk memberikan pakan dan minumannya secara rutin.

Khusus untuk minuman, Anda perlu mengecek secara rutin apakan wadah yang digunakan untuk menampung minuman tersebut terisi atau tidak. Jika sudah kosong, maka segeralah mengisinya agar kenari yang dipelihara tidak kehausan dan dehidrasi.

Sedangkan untuk makanannya, pastikan bahwa kotak makanan selalu terisi. Pastikan selalu tersedia bijian-bijian untuk dimakan agar stamina yang dibutuhkan dalam berkicau tidak habis.

6. Menambahkan Pakan Tambahan atau Ekstra Food

Pakan Tambahan
Pakan Tambahan

Pemberian ekstra food atau pakan tambahan ini juga diperlukan agar kicauan yang keluar dapat lebih bagus dan panjang. Penambahan ekstra food ini dapat berupa multivitamin agar daya tahan tubuh si kenari dapat menjadi lebih baik dan kebal terhadap segala serangan penyakit.

Selain itu, tambahan makanan selingan seperti asinan juga diperlukan agar burung kenari yang dipelihara tidak merasa bosan dan malas untuk mengkonsumsi pakan utamanya.

7. Melakukan Mastering

Hampir sama seperti jenis burung kicau yang lain, untuk membuat suara burung kenari ini menjadi lebih merdu dan indah, Anda dapat melakukan mastering dengan memutar audio berupa mp3.

Mastering ini akan lebih efektif apabila dilakukan pada ruangan yang tenang, sehingga burung tersebut dapat mendengarkan dan menyerap suara burung yang keluar dari pemutar audio.

Dengan tingkat pendengaran kenari yang maksimal, maka suara burung yang diputar dapat diserap dengan baik dan juga cepat.

Membentuk Suara Kenari
Membentuk Suara Kenari

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat suara burung kenari hilang dan cara untuk mengembalikannya seperti semula. Dengan mengikuti cara-cara diatas, tentunya kenari yang Anda miliki dapat mengeluarkan suara atau kicauan lebih gacor dan panjang.

Download Suara Burung Kenari Mp3 Gacor Master

Kami pilihkan suara kicau burung kenari terbaik untuk dijadikan masteran burung kenari anda dirumah.

Suara Burung Kenari 1

Suara Burung Kenari 2

Suara Burung Kenari 3

Suara Burung Kenari 4

Suara Burung Kenari 5

Suara Burung Kenari 6

Suara Burung Kenari 7

Leave a Reply