bunga pucuk merah

Bunga Pucuk Merah, Si Penyerap Polutan yang Memiliki Beragam Manfaat !!

Bunga pucuk merah | Beberapa jenis tanaman dikenal dengan manfaatnya untuk menyegarkan udara di dalam ruangan karena kemampuannya untuk menyerap karbon, bau tak sedap dan mengurangi polutan, contohnya adalah bunga pucuk merah.

Bentuknya sederhana, memanjang berwarna hijau berbentuk jarum dengan permukaan licin, dan ketika telah tumbuh besar jenis tanaman ini akan berwarna merah pada pucuknya.

Sebab sangat sesuai untuk tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, peminat bunga bernama latin Syzygium oleana inipun semakin meningkat dari hari ke hari sebab keindahan dan aneka manfaatnya.

Ketahui Manfaat Bunga Pucuk Merah untuk Kesehatan dan Lingkungan !

tanaman pucuk merah
tanaman pucuk merah

Di tengah krisis iklim global yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, ditemukan salah satu penyebabnya adalah jumlah polutan dan radikal bebas yang semakin meningkat. Dampak dari polutan dan radikal bebas sangat buruk bagi kesehatan.

Di sinilah manfaat bunga pucuk merah beraksi untuk kehidupan manusia. Memiliki kandungan senyawa polifenol dalam daunnya, bunga ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mengurangi stress oksidatif dan memiliki kemampuan untuk melindungi sel beta pankreas dari efek toksik radikal bebas.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa terdapat ekstrak etanol efektif  yang dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus putih jantan yang dibebankan glukosa. Diduga bunga cantik berpucuk merah ini memiliki aktivitas antidiabetik yang bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sementara itu, ekstrak methanol pada bunga ini juga memiliki sifat antihiperglikemik yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes tipe-2.

Lebih lengkapnya, mari kita simak penjabaran aneka manfaat bunga pucuk merah untuk kehidupan dan kesehatan manusia, berikut cara merawat dan mengonsumsinya.

1. Mengurangi Polutan

Mengurangi Polutan
Dapat Mengurangi Polutan Udara

Bunga pucuk merah diketahui memiliki laju fotosintesis yang tinggi sehingga memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menyerap karbondioksida dibandingkan dengan tanaman lain.

Selain itu kandungan timbal pada tanaman ini juga bermanfaat untuk mengurangi polutan dan zat-zat asing yang berbahaya jika terhirup oleh manusia.

2. Mengatasi Diabetes Tipe 2 dan Kolesterol Tinggi

Penderita diabetes tipe 2 semakin meningkat terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Pola hidup, pola makan, tingkat stress dan faktor genetik diketahui menjadi penyebab massif penyakit beresiko tinggi yang satu ini.

Namun di tengah fenomena tersebut, keberadaan bunga pucuk merah rupanya menjadi solusi bagi pencegahan dan penyembuhan diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi bunga pucuk merah secara rutin, diketahui bahwa penyakit diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi dapat diturunkan resikonya.

Cara mengonsumsi tanaman pucuk merah sebagai obat diabetes tipe 2 adalah dengan merebus daun pucuk merah untuk diminum airnya atau mengekstraksinya dan diolah menjadi pil herbal.

3. Agen Antibakteri

kebun bunga pucuk merah
kebun bunga pucuk merah

Berdasarkan uji toksisitas yang dilakukan para peneliti, ditemukan bahwa ekstrak bunga pucuk merah memiliki senyawa anti bakteri yang dapat berfungsi sebagai antibiotik alami bagi manusia. Beberapa jenis bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli atau sering disingkat E coli dapat dimatikan oleh ekstrak bunga ini.

Cara penggunaan tanaman pucuk merah sebagai agen antibakteri adalah dengan merebus dan meminumnya, atau mempergunakan air rebusannya untuk membasuh bagian tubuh yang luka atau mengalami infeksi.

4. Sebagai Antioksidan Alami

Kanker adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas lewat gaya hidup tidak sehat, makanan yang dikonsumsi dan udara yang dihirup oleh manusia. Beragam penyakit kanker semakin meningkat jumlah penderitanya dari hari ke hari.

Mengetahui fakta ini, sudah sepatutnya kita lebih menjaga kesehatan, pola hidup dan pola konsumsi. Mengonsumsi makanan dan asupan yang mengandung antioksidan tinggi adalah salah satu cara untuk menghindarkan diri kita dari ancaman berbagai penyakit, di antaranya kanker.

Bunga pucuk merah ternyata juga merupakan solusi yang dapat menghindarkan kita dari ancaman penyakit kanker. Kandungan antioksidan tinggi pada bunga ini jika dikonsumsi manusia dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menurunkan resiko kanker.

Selain itu antioksidan yang dikandung tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, stress dan beragam penyakit degeneratif lainnya. Cara mengonsumsi tanaman pucuk merah untuk mendapatkan fungsi antioksidannya adalah dengan mengolahnya menjadi minuman teh pucuk merah dan meminumnya secara rutin.

5. Mempercantik dan Menyegarkan Rumah

Mempercantik dan Menyegarkan Rumah
Mempercantik dan Menyegarkan Rumah

Keindahan bunga pucuk merah tak perlu diragukan lagi. Bentuknya yang sederhana namun memikat, memiliki warna dan karakteristik unik yakni warna merah di ujungnya, merupakan tanaman yang sangat sesuai untuk mempercantik halaman rumah Anda.

Tanaman pucuk merah menjadi pilihan banyak orang karena tampilannya yang terlihat harmonis jika disandingkan dengan jenis-jenis tanaman lain, juga perawatannya yang mudah.

Merawat tanaman pucuk merah tidak memerlukan keahlian dan anggaran khusus. Tanaman ini secara alami memang sesuai untuk tanah dan iklim tropis, dan pada dasarnya hanya memerlukan air serta sinar matahari yang cukup untuk dapat tumbuh subur.

6. Pewarna Makanan Alami

Untuk Anda yang menggemari seni kuliner, saatnya bereksperimen dengan pewarna makanan alami. Selain lebih sehat, warna yang dihasilkan oleh pewarna makanan alami dari tumbuh-tumbuhan juga tampil lebih manis dan menarik karena kesan naturalnya. Siapa yang sangka, di antara manfaat-manfaatnya untuk kesehatan dan lingkungan, tanaman pucuk merah ternyata juga bisa dipergunakan sebagai pewarna makanan alami untuk kue-kue dan minuman.

pucuk merah untuk pewarna alami
pucuk merah untuk pewarna alami

Cara menggunakan daun pucuk merah sebagai pewarna makanan alami ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun pucuk merah untuk mendapatkan warna merah yang cantik dan natural. Hasil dari rebusan daun pucuk merah dapat anda pergunakan sebagai campuran bahan kue atau sirup yang tak hanya terlihat cantik, namun juga sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Aroma yang dihasilkan oleh daun pucuk merah sebagai pewarna makanan alami juga harum. Disebut-sebut, aroma daun pucuk merah dapat dimanfaatkan seperti pandan yang sudah terkenal sebagai penambah aroma lezat pada aneka makanan dan minuman.

Itulah beragam manfaat dari bunga pucuk merah yang patut Anda ketahui untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Menanam pucuk merah sangat disarankan bagi Anda yang mendambakan lingkungan hidup yang sehat dan indah, sebab khasiat-khasiat pucuk merah sangat baik untuk dikonsumsi maupun sebagai tanaman hias.

Merawat pucuk merah juga bukan perkara yang sulit. Perawatan tanaman ini sangat sederhana. Sebagaimana disebutkan di atas, pucuk merah pada dasarnya membutuhkan karakteritik tanah tropis. Selain itu, air dan sinar matahari yang cukup juga akan semakin membantu pertumbuhan tanaman pucuk merah secara optimal.

Jika ingin tanaman pucuk merah Anda tumbuh rimbun, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips tambahan seperti pemupukan, pemotesan dan pemangkasan. Pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK selama 2-3 bulan sekali akan mendukung kesuburan tanaman pucuk merah.

Selain itu, melakukan pemotesan dan pemangkasan secara berkala juga akan membantu optimalisasi pertumbuhan tanaman pucuk merah serta menghindarkannya dari parasit dan gulma yang akan mengganggu pertumbuhannya. Selamat berkebun dan miliki lingkungan yang lebih sehat bersama manfaat bunga pucuk merah.

Leave a Reply